Perbedaan Rata-rata Hasil Belajar Pemrograman Web dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement (STAD) dan Problem Based Learning pada Kelas X RPL di SMKN 2 Singosari
Main Author: | Muh Zaenul Hilmi; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2014
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/36983 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKGuru dituntut dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa mendapatkan pengalaman. Pada pemrograman web, model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Problem Based Learning adalah salah satu dari pembelajaran kooperatif yang sesuai. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk dapat bekerja sama dalam kelompok, mengemukakan pendapat, bersosialisasi dan berpikir kritis. Hal itulah yang mendasari penelitian tentang perbedaan kedua model ini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar meliputi ranah kognitif dan afektif siswa kelas X RPL pada materi pemrograman web sebagai variabel terikat sedangkan, variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan post test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi penilaian sikap dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata.Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, hasil uji kesamaan dua rata-rata yang didapatkan dengan SPSS Statistic 17 adalah nilai signifikasi sebesar 0,471. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpukan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar Pemrograman Web antara siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan Problem Based Learning.