Perbedaan Rata-Rata Hasil Belajar dan Rata-Rata Kemandirian Belajar Karena Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Basis Data Siswa Kelas X RPL SMK Negeri 2 Trenggalek

Main Author: Jian Maulidha Nurza; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/31947
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaulidha, Jian. 2014. Perbedaan Rata-Rata HasilBelajarDan Rata-Rata KemandirianBelajarKarenaPengaruh Model PembelajaranProblem Based Learningdengan Model KooperatifTipeThink Pair SharePada Basis Data SiswaKelas X RPL SMKNegeri 2 Trenggalek. Skripsi, JurusanTeknikElektro, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.DwiPrihanto, S.S.T, M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T. M.T.Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), kemandiriranbelajar, hasilbelajar. Penerapan model pembelajaran yang tepatsesuaidengankarakteristikkompetensi yang akandicapaimempengaruhikualitashasilbelajar. Model pembelajaranProblem Based Learning danThink Pair Sharedapatdigunakansebagaialternatif model pembelajaranpadapembelajaran basis data. Selainhasilbelajar, penggunaaan model pembelajaran yang tepatjugadapatmempengaruhikemandirianbelajar yang secaralangsungterlihatbahwasemakintinggikemandirianbelajarsemakintinggi pula hasilbelajarsiswa yang diperoleh. PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasyeksperimentdengandesainposttest only design. DesainpenelitianinimenggunakanduakelassebagaikelasAditerapkan model pembelajaranProblem Based LearningdankelasBditerapkan model pembelajaranThink Pair Share. Teknikanalisis data yaitudenganuji instrument, ujiprasyaratanalisis data danujibeda. Ujiinstrumenterdiridariujivaliditas, ujireliabilitas, ujitingkatkesukarandanujidayabeda. Ujiprasyaratanalisis data meliputiujinormalitas, ujihomogenitas, ujikesamaandua rata-rata danujibedayaitumenggunakanuji-t independent sample. Ujicobapenelitiantelahmembuktikanbahwakeduakelasmempunyai rata-rata kemampuanawal yang sama. Kemudiankeduakelasdiberiperlakuan yang berbeda, yaitudenganmenerapkan model pembelajaranProblem Based Learning danThink Pair Share, didapatkanhasilbelajarsiswadan data kemandirianbelajarsiswa. Penelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswa yang signifikanantarakelasAdankelasB. Dilihatdariuji t padaranahafektifdengansig(2-tailed) 0,001