PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPERT GROUP DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 9 MALANG

Main Author: Dedy Arif Budiawan; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/31575
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Budiawan, Dedy Arif. 2014. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Expert Group Dengan Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ Di SMK Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) Drs. Suwasono, M.T. Kata Kunci: Expert Group, Think Pair Share (TPS), Motivasi, Hasil Belajar Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dan keberhasilan siswa dalam belajar, guru perlu memahami hal-hal yang mempengaruhi proses belajar siswa, baik yang menghambat maupun yang mendukung. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah faktor motivasi belajar. Motivasi perlu untuk dikelola dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi belajar lebih tinggi akan lebih berhasil dalam belajar sebab mereka mampu mendorong dirinya sendiri untuk menimbulkan kegiatan belajar demi mencapai tujuan belajar yang optimal. Upaya pengelolaan motivasi dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar, hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS), serta mengetahui efektifitas kedua model pembelajaran untuk siswa dengan motivasi tinggi dan siswa dengan motivasi rendah untuk siswa pada kompetensi mendiagnosa permasalahan pengoperasian PC tersambung jaringan local di SMK Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy eksperimental dengan desain pretest posttest control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran expert group dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran think pair share (TPS), Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan uji anova dua jalur. Hasil Penelitian, dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif (sig.0,000