Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Praktikum Grafika Komputer Pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika

Main Author: Ighfir Rijal Taufiqy; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/30010
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Taufiqy, Ighfir Rijal. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Praktikum Grafika Komputer pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. (2) I Made Wirawan, S.T., M.T. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, virtual laboratory, praktikum grafika komputer. Praktikum Grafika Komputer merupakan salah satu matakuliah yang wajib dikuasai oleh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Ada beberapa kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa dalam perkuliahan Praktikum Grafika Komputer, diantaranya adalah membuat objek primitif dan membuat fungsi untuk bangun dua dimensi. Pada materi objek primitif ini terdapat sub-materi menggambar bidang dengan menggunakan fungsi OpenGL dan GLUT. Hasil observasi menunjukkan bahwa materi pembelajaran dirasa sangat sulit oleh mahasiswa dalam memahami source code fungsi dan koordinat vertex karena terdapat penggambaran bidang dengan menggunakan fungsi OpenGL dan GLUT. Selain itu media penunjang berupa jobsheet yang digunakan selama ini belum mampu secara optimal memberikan panduan praktikum dalam materi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pengembangan media pembelajaran virtual laboratory Praktikum Grafika Komputer sebagai satu solusi yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran. Model pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran virtual laboratory Praktikum Grafika Komputer mengadaptasi dari model pengembangan Sadiman. Tahap-tahap dari model pengembangan Sadiman antara lain: (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) naskah siap diproduksi. Subjek uji coba dalam pengembangan yaitu ahli materi dan ahli media serta mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2011 dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner rating scale yang kemudian diolah dalam bentuk persentase menggunakan rumus persentase menurut Arikunto. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka didapatkan hasil persentase dari ahli media sebesar 89%, ahli materi sebesar 93%, uji coba kelompok kecil sebesar 81% dan uji coba lapangan sebesar 90%. Sehingga didapatkan hasil rata-rata sebesar 88,25% dengan interpretasi kelayakan "valid" dari batas minimal persentase validitas 76%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran virtual laboratory Praktikum Grafika Komputer secara keseluruhan dinyatakan layak/valid. Media dapat digunakan sebagai media belajar mahasiswa secara mandiri ataupun suplemen pembelajaran di kelas.