PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PAMEKASAN
Main Author: | Fety Ayu Puspita Ningtiyas; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/28736 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ningtiyas, Fety Ayu Puspita. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran TeamsGames Turnament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 2 Pamekasan.Skiripsi, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan TeknikInformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd., (2) Sujito, S.T., M.T. Kata Kunci: Teams Games Turnament, Minat Belajar, Hasil Belajar TIK. Pada dasarnya pendidikan berfungsi untuk membantu siswa dalampengembangan diri ke arah yang lebih baik. Untuk menjadi pribadi yang lebihbaik peran serta guru sangat diperlukan. Guru merupakan salah satu komponenyang berpengaruh dan memiliki peran penting serta merupakan kunci pokok bagikeberhasilan peningkatan mutu pendidikan. Selain itu motivasi juga memilikiperan penting dalam menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Berdasarkanhasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan dengan Ibu Ritta Prawitasarisebagai guru TIK di SMA Negeri 2 Pamekasan diperoleh beberapa permasalahan. Beberapa masalah yang ditemukan antara lain: 1) ketika pelajaran berlangsung,beberapa siswa bermain game sehingga siswa tidak fokus pada pelajaran, 2)motivasi belajar siswa kurang, hal ini ditandai dengan sikap siswa yang cenderungpasif dalam proses pembelajaran dan masih banyak siswa yang menyibukkandirinya dengan bermain game saat pelajaran berlangsung, 3) siswa kurang aktifdalam proses pembelajaran, dan 4) beberapa unit komputer rusak, sehinggamengakibatkan siswa bergerombol di satu meja dan perhatian siswa menjadiberkurang terhadap pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yangdigunakan yaitu metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) yangdilakukan dalam tiga siklus, subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XIIPA 6 yang berjumlah 35 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA NegeriPamekasan. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, angket, dan tesformatif. Untuk mengetahui minat belajar siswa diberikan angket sebelum dansesudah penerapan TGT. Analisis angket minat belajar menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 2,46 dengan kriteria kurangberminat menjadi 3,20 dengan kriteria berminat. Sedangkan perolehan skor rata-rata pada hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat pada siklus I sebesar 80,3,siklus II sebesar 92,1 dan siklus III sebesar 96,1. Hasil belajar ranah afektifmengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 85,90%, siklus II sebesar89,90%, dan siklus III sebesar 93,71%. Sedangkan Hasil belajar ranahpsikomotorik mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 85,71%, siklus IIsebesar 89,68%, dan siklus III sebesar 92,38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metodeTGT dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasanpada mata pelajaran TIK.