PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APLIKASI TRANSLITERASI ARAB-LATIN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN SABILURROSYAD JL.RAYA CANDI GASEK MALANG
Main Author: | Muhammad Iqbal Arrikza; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/28413 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Arrikza, Muhammad Iqbal. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Aplikasi Transliterasi Arab-Latin Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilurrosyad Jl. Raya Candi Gasek Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T. (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. Kata Kunci : bahan ajar, aplikasi, Transliterasi Arab-Latin. Bahan ajar transliterasi Arab-Latin yang digunakan di TPQ Sabilurrosyad masih bersifat tradisional (paper based) mengakibatkan proses pembelajaran yang berlangsung kurang interaktif dan efektif. Dengan berkembangnya proses pembelajaran berbasis media electronic, maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin. Tujuan pengembangan bahan ajar ini adalah mengidentifikasi kebutuhan desain, merancang dan menghasilkan bahan ajaraplikasi transliterasi Arab-Latin. Dalam pengembangan bahan ajar ini menggunakan metode pengembangan Sugiyono dan Borg & Gall yang sudah dimodifikasi menjadi 11 langkah yaitu: (1) mengidentifikasi kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) pengembangan produk, (7) validasi produk, (8) revisi produk, (9) uji lapangan, (10) revisi produk, (11) produk akhir dan laporan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk angket ahli media dan ahli materi serta siswa. Adapun teknik analisis menggunakan analisis data angket dan analisis data secara keseluruhan. Berdasarkan hasil uji coba pada ahli media melalui hasil angket diperoleh prosentase 95,25 %, yang berarti bahan ajar ini layak digunakan. Dan dari ahli materi menunjukkan persentase 92%, yang berarti materi dalam bahan ajar inilayak dijadikan sebagai bahan ajar di TPQ Sabilurrosyad. Sedangkan uji coba lapangan dengan subyek 15 responden dari siswa TPQ mendapat prosentase 89% dan rata-rata nilai kriteria ketuntasan minimal 87,38 yang berarti layak untukditerapkan di TPQ Sabilurrosyad sebagai bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin.