Trainer Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Dengan Inverter Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Elektronika Daya

Main Author: Adeirma Megawati Wasiyat; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/28310
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wasiyat, Megawati, Adeirma. 2013. Trainer Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Dengan Inverter Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Elektronika Daya. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Progam Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Yuni Rahmawati, S.T, M.T. (II) Aripriharta, S.T, M.T. Kata Kunci : trainer, kendali kecepatan, media pembelajaran Aplikasi inverter saat ini banyak digunakan pada bidang industri, kesehatan, pendidikan maupun dalam alat-alat elektronik yang digunakan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah penggunaan Inverter Altivar 12 yang merupakan salah satu metode pengendalian putaran yang cukup efektif untuk diterapkan pada motor induksi tiga fasa. Sebelumnya masih banyak ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa di Universitas Negeri Malang Fakultas Teknik khusunya jurusan Teknik Elektro di dalam mata kuliah Elektronika Daya khususnya pada pokok bahasan aplikasi Inverter. Kurangnya fasilitas atau sarana dan prasarana media adalah salah satu kesulitan dalam memahami konsep pada pokok bahasan dan aplikasinya. Akibatnya terjadi banyak kesulitan mahasiswa dalam pelaksanaan proses pembelajarannya khususnya pada saat praktikum. Dengan trainer kendali kecepatan putaran motor induksi 3 fasa dengan inverter altivar 12, diharapkan mahasiswa dapat mempercepat pemahaman konsep dan keterampilannya dalam praktikum mata kuliah Elektronika Daya dan termotivasi untuk belajar. Metode penelitian pada pengembangan penelitian ini mengadopsi model penelitian Postekom Depdiknas. Lagkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) bedah kurikulum; (2) identifikasi media; (3) pengembangan naskah; (4) produksi; (5) penyempurnaan; (6) tes/ uji coba; dan (7) revisi. Berdasarkan pada hasil uji coba, diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut: (1) skor validasi ahli media, diperoleh presentase sebesar 83.65%; (2) skor ahli materi, diperoleh presentase sebesar 86.45%; dan (3) Uji coba keterlaksanaan pada mahasiswa diperoleh presentase sebesar 88,52%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa pada mata kuliah Elektronika Daya di Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar.