PENGEMBANGAN LATIHAN SOAL (TRYOUT) UJIAN NASIONAL (UN) BERBASIS MOBILE WEB TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Main Author: SEPTIANA WINDA MAULIDA; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/27200
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Maulida, Septiana Winda. 2012. Pengembangan Latihan Soal (Tryout) UjianNasional (UN) Berbasis Mobile Web Tingkat Sekolah MenengahPertama (SMP). Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. JurusanTeknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) TriyannaWidiyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci : mobile web, tryout, MTOS, ujian nasional. Melihat perkembangan pendidikan di Indonesia, Ujian Nasional (UN) saatini diiringi dengan proses pelaksanaan yang tidak jujur, sehingga nilai yangdidapat tidak menggambarkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. waktubimbingan yang kurang juga mengakibatkan guru terburu-buru dalammenyelesaikan semua kompetensi dalam waktu beberapa bulan tersebut, namunpada kenyataannya semua kompetensi tidak terselesaikan dengan baik dan UNsudah berada di depan mata. Tryout secara konvesional memiliki beberapakelemahan seperti: kesalahan dalam koreksi, besarnya peluang kerjasama antarsiswa dalam mengerjakan soal, adanya biaya untuk gaji pegawai, gaji pengoreksi,tinta, fotokopi, dsb. Juga adanya limbah kertas pasca pelaksanaan tryout yangmenumpuk di sekolah. Banyak alternatif agar permasalahan diatas dapatdihindari, yaitu dengan menggunakan komputer atau telepon genggam. Saat inibanyak siswa yang sudah mempunyai telepon genggam, bahkan siswa SMP sudahbanyak yang memiliki smartphone. Maka dari itu adanya penelitian adalah untukmengembangkan media yang dapat diakses melalui telepon genggam untuklatihan soal Ujian Nasional (UN) yang dapat diakses dimana saja dan kapan sajaoleh siswa yang selanjutnya disebut sebagai MTOS. Pengembangan sistem informasi berbasis mobile web ini mengadaptasimetode pengembangan waterfall dari Roger S. Pressman dengan tahapan sebagaiberikut: (1) analisis (analysis) kebutuhan sistem kepada pengguna; (2) tahapdesain (design) diwujudkan dalam gambar atau bagan; (3) tahap penerjemahan kedalam bahasa mesin yang dapat dibaca komputer yang disebut dengan tahap pengkodean (coding); dan (4) tahap pengujian (testing) meliputi empat tahapan,yaitu uji kompatibilitas media, review oleh ahli rekayasa web, uji coba lapangandan pengujian blackbox. Pengujian MTOS menggunakan metode black box untuk memvalidasifungsionalitas dan usabilitas sistem. Hasil uji coba produk menunjukkan rata-ratapersentase aspek fungsionalitas sebesar 97,91% dan rata-rata persentase aspekusabilitas sebesar 90,21%. Dengan demikian MTOS dapat dinyatakan layak untukdigunakan sebagai sistem informasi latihan soal (tryout) ujian nasional berbasismobile web untuk tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP)