Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran KKPI Materi Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka Kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang

Main Author: anggraini yussi puspitasari; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/26654
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Puspitasari, Anggraini Yussi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran KKPI Materi Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka Kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) I Made Wirawan, S.T., S.ST., M.T., (2) M. Jauharul Fuady, S.T., M.T.. Kata Kunci: Pengembangan, multimedia, media pembelajaran, KKPI Perangkat lunak pengolah angka merupakan perangkat lunak khusus untukmengolah angka. Materi menggunakan perangkat lunak pengolah angka inimerupakan salah satu materi dasar yang harus dikuasai siswa. Namun, tidaksemua siswa mampu memahami materi tersebut dengan mudah. Di SMK Negeri 2Jombang, guru menyampaikan materi menggunakan perangkat lunak pengolahangka dengan menggunakan presentasi yang sederhana yang mengakibatkan siswa bosan dan minat belajar menjadi berkurang. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah menyusunbahan materi pada standar kompetensi menggunakan perangkat lunak pengolahangka, merancang media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan AdobeFlash, serta mengintegrasikan bahan materi ke dalam media pembelajaran.Kemudian menguji kelayakan media pembelajaran ini sebagai mediapembelajaran yang interaktif. Dalam pengembangan media pembelajaran ini digunakan rancanganpengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Instrumen pengumpulan datamenggunakan angket pada uji coba perseorangan (ahli media & ahli materi) danresponden/siswa untuk uji pengguna. Sedangkan analisis data yang digunakanuntuk mengolah data dari ahli media, ahli materi dan responden/siswamenggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase 94.1% yangberarti media layak digunakan sedangkan hasil validasi ahli materi diperolehpersentase nilai 96.15% yang mengindikasikan materi layak digunakan padamedia ini. Pada uji coba pengguna dengan jumlah responden sebanyak 30 siswadiperoleh persentase sebesar 88.91% yang menandakan bahwa media layakdipergunakan. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif inidikembangkan agar tersedia sebuah media pembelajaran baru yang valid danlayak untuk menunjang pembelajaran KKPI di SMK Negeri 2 Jombang.