Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Anak Tunagrahita Ringan Pada SDLB Marsudi Utomo Kesamben
Main Author: | gita putri rachmawati; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/26368 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/26368/13795 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rachmawati, Gita Putri. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Anak Tunagrahita Ringan Pada SDLB Marsudi Utomo Kesamben. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad. Patmanthara. M.Pd., (2) Yuni Rahmawati. S.T., M.T. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tunagrahita Ringan, Membaca Permulaan Kemampuan berbahasa merupakan salah satu kemempuan yang vital dalam melakukan interaksi sosial di kehidupan bermasyarakat. Kemampuan berbahasa meliputi mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Bagi anak yang mengalami hambatan dalam bidang kepribadian dan intelektual dengan indikasi IQ 50-70 atau biasa disebut tunagrahita ringan. Keterampilan belajar membaca permulaan didapat pada kelas II Sekolah Dasar melalui matapelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan serta untuk menguji kelayakan media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan pada SDLB Marsudi Utomo Kesamben. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono dengan modifikasi, sehingga langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain dan pembuatan produk, (4) validasi desain dan produk, (5) revisi desain dan produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) produksi masal. Hasil persentase yang diperoleh dari ahli media adalah 92.8%, ahli materi 93.7%, uji kelompk kecil 90.8%, dan uji lapangan 95.6%. dari hasil tersebut maka media dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari media pembelajaran membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan di SDLB Marsudi Utomo antara lain: (1) media pembelajaran berisi materi membaca permulaan meliputi mengenal huruf, membaca suku kata, dan permainan yang berisi mengurutkan huruf, melengkapi kata, dan menyusun huruf, (3) media pembelajaran dibuat sesuai karakteristik anak tunagrahita ringan, khususnya kelas II SDLM marsudi Utomo Kesamben, (3) waktu yang digunakan untuk memahami materi membaca permulaan dengan media lebih cepat daripada pembelajaran sebelumnya, dan (4) media pembelajaran layak digunakan.