Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar KKPI Pokok Bahasan Mengoperasikan Software Aplikasi Basis Data Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM pada Siswa Kelas XI RPL di SMK Islam Batu

Main Author: Rista Rusdianawati; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/26131
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rusdianawati, Rista. 2013. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar KKPI Pokok Bahasan Mengoperasikan Software Aplikasi Basis Data Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM pada Siswa Kelas XI RPL di SMK Islam Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T. (II) Ahmad Fahmi, S.T., M.T Kata Kunci: Model pembelajaran PAIKEM, aktivitas belajar, hasil belajar Dalam dunia pendidikan,untuk mencapai tujuan belajar tentunya seseorang harus melalui suatu proses yang disebut sebagai proses pembelajaran. Sebagai pendidik, guru bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Sementara itu, berdasarkan hasil observasi di kelas XI RPL SMK Islam Batu pada pembelajaran KKPI, diketahui bahwa aktivitas siswa rendah. Siswa tidak aktif mengemukakan pendapat dan masih takut untuk bertanya. Bahkan sering terlihat siswa yang bosan dan mengantuk. Selain itu, keterlibatan siswa dalam hal berpikir kelompok juga masih rendah. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Menurut data yang diperoleh peneliti dari hasil pre test, tidak ada siswa yang tuntas (KKM ≥ 75) dalam pokok bahasan tersebut. Untuk mengatasi masalah di kelas tersebut, solusi yang ditawarkan adalah mengganti model pembelajaran yang digunakan guru dengan model pembelajaran PAIKEM. Penggunaan model pembelajaran PAIKEM bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran menjadi bermakna, menyenangkan, dinamis, dialogis, memotivasi siswa, membuat siswa kreatif, aktif, dan mandiri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap sesuai yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Adapun jenis PTK yang digunakan adalah PTK kolaboratif partisipatoris, yakni adanya kerja sama antara peneliti dengan guru yang mengajar di kelas. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini meliputi (1) aktivitas siswa pada siklus 1 memiliki persentase total 68,12%, siklus 2 sebesar 76,79%, siklus 3 meningkat menjadi angka 84,82%, dan pada siklus 4 persentasenya mencapai 90,02% (2) hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 38,24%, pada siklus 2 menjadi sebesar 52,94%, pada siklus 3 persentasenya meningkat menjadi sebesar 82,35%, dan pada siklus 4 mencapai angka persentase maksimum yaitu 100%; (3) hasil belajar pada ranah afektif siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 4. Pada siklus 1 persentase yang dicapai sebesar 78,23%, pada siklus 2 sebesar 82,12%, pada siklus 3 sebesar 87,76%, dan siklus 4 meningkat menjadi sebesar 92,06% (4) hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik pada siklus 1 persentase yang dicapai sebesar 75,55%, pada siklus 2 sebesar 79,80%, pada siklus 3 meningkat menjadi sebesar 84,54%, dan pada siklus 4 meningkat lagi menjadi sebesar 90,98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran KKPI pokok bahasan mengoperasikan software aplikasi basis data pada siswa kelas XI RPL di SMK Islam Batu.