Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning pada Pokok Bahasan Evolusi Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN Trenggalek

Main Author: ARI MARDIAN; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2012
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/21745
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mardian. Ari, 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning pada Pokok Bahasan Evolusi Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN Trenggalek. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G. I, M.Kom (2) Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T Kata kunci: Media Pembelajaran, Evolusi, E-learning Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sudah bukan suatu yang langka lagi bagi kehidupan di masa sekarang. Information and Communication Technology (ICT) merupakan solusi yang sangat tepat bagi masalah pendidikan Indonesia. Salah satunya permasalahan di MAN Trenggalek dalam bidang pembelajaran Biologi pokok bahasan Evolusi yang memerlukan media pembelajaran yang menarik serta dapat di akses kapan pun dan dimanapun. Pada materi Evolusi terdapat teori-teori perkembangan mahkluh hidup, yang memerlukan pemahaman dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk mengungkapkan pertanyaan dan pendapat, dapat mendiskusikannya setiap ada perbedaan pendapat, tanpa dibatasi oleh waktu. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran Biologi Pokok bahasan Evolusi berbasis website menggunakan software Moodle yang memiliki berbagai fitur yang menarik, efisien, interaktif, mudah dipahami oleh peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan media yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis- Design-Develop-Implementation- Evaluate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MAN Trenggalek tahun pelajaran 2011-2012. Hasil validasi media pembelajaran berbasis E-learning dari ahli media mendapat persentase 90%, dari ahli materi mendapat persentase 91%, dan dari responden 84%. Berdasarkan hasil validasi tersebut,media pembelajaran berbasis E-learning pada materi Evolusi dapat disimpulkan valid/layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di MAN Trenggalek.