PERBEDAAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN TIK POKOK BAHASAN RUMUS DAN FUNGSI DALAM PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA MENGGUNAKAN METODE STAD DENGAN METODE SFAE PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BEJI KABUPATEN PASURUAN
Main Author: | YUSTYAN OKTA DIANSYAH; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/21632 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Diansyah, Yustyan Okta. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Student Team Achivement Divisions (STAD) dengan Metode Student Fasilitator And Explaining (SFAE) Pada Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Rumus dan Fungsi Dalam Perangkat Lunak Pengolah Angka Kelas VIII SMPN 1 Beji. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M. Pd. Pembimbing (II) M. Zainal Arifin, S.Si, M.Kom. Kata kunci: Student Team Achivement Divisions (STAD dan, Metode Student Fasilitator And Explaining (SFAE), hasil belajar, TIK. Pembelajaran yang ada pada teknologi informasi dan komunikasi memiliki karateristik yang berbeda-beda. Karateristik kognitif sangat berperan penting dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman. Pemahaman yang kurang dapat mempersulit proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di SMPN 1 Beji, terdapat berbagai masalah diantaranya siswa yang remidial untuk mencapai SKM sekitar 35 % dari jumlah siswa. permasalah tersebut dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan sebagian siswa cenderung pasif. Metode yang digunakan kurang maksimal dalam pelaksanaannya dan dapat dilihat dari pelaksanaan dan waktu pembelajaran yang kurang efektif. Solusi dari permasalahan tersebut adalah mengganti metode yang lama yaitu metode SFAE dengan metode yang lebih sesuai seperti metode Student Team Achivement Divisions (STAD). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang diberi perlakuan metode Student Team Achivement Divisions (STAD) dengan kelas yang diberi perlakuan metode Student Fasilitator And Explaining (SFAE). Rancangan penelitian ini bersifat eksperimental semu. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikatnya hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Beji. Penentuan sampel menggunakan dua kelas yang memiliki kemampuan sama dan diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan metode Student Fasilitator And Explaining (SFAE)dan VIIIF sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode Student Team Achivement Divisions (STAD) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode Student Team Achivement Divisions (STAD) memiliki rata-rata hasil belajar 83,44 dan kelas kontrol yang diberi perlakuan metode Student Fasilitator And Explaining (SFAE) rata-rata hasil belajar 79,38. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diketahui dengan melihat signifikansi nilai Sig(p) 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan metode Student Team Achivement Divisions (STAD) dengan metode Student Fasilitator And Explaining (SFAE) pada pokok bahasan rumus dan fungsi pada perangkat lunak pengolah angka siswa kelas VIII SMPN 1 Beji.