Pengembangan Sumber Belajar Interaktif Berbasis Quantum Teaching Pada Pokok Bahasan Perangkat Lunak Pengolah Angka Siswa Kelas XI SMAN 1 Talun
Main Author: | RIO KURNIA RAMADA; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/21345 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Peran seorang pengajar dalam menuntun siswa memahami langkah demi langkah penggunaan perangkat lunak pengolah angka sangatlah penting. Namun, dengan karakter masing-masing pelajar yang berbeda-beda berdampak pada lamanya proses pembelajaran karena menunggu salah satu siswa yang belum paham mengenai materi yang bersangkutan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan sebuah sumber belajar alternatif dengan model pembelajaran yang dapat memudahkan proses terbentuknya pengetahuan pada siswa sehingga mahir dalam menggunakan perangkat lunak pengolah angka. Salah satu solusi pengembangan media alternatif tersebut dapat diwujudkan dengan memanfaatkan sumber belajar interaktif yang menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching. Dalam membangun sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka menggunakan dua model pengembangan yakni model pengembangan Dick & Carey dan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi sesuai kebutuhan yang menghasilkan Sumber Belajar Interaktif Berbasis Quantum Teaching Pada Pokok Bahasan Perangkat Lunak Pengolah Angka Siswa Kelas XI SMAN 1 Talun. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa sumber belajar interaktif yang dipadukan dengan metode pembelajaran Quantum Teaching sebagai strategi dalam penyampaian materi pelajaran. Sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching dapat membantu guru dalam membimbing siswa memahami materi perangkat lunak pengolah angka dan mempermudah siswa dalam menangkap materi pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan menghasilkan produk sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching pada pelajaran TIK untuk siswa SMAN 1 Talun kelas XI pada materi perangkat lunak pengolah angka. Hasil penelitian dan pengembangan tersebut menunjukkan bahwa sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching termasuk dalam kualifikasi valid dan kriteria layak digunakan dalam pembelajaran.