Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka untuk Menyajikan Informasi di SMP Negeri 1 Pace
Main Author: | Mutia Reza Hafizidin; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/19562 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hafizidin, Mutia Reza. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka untuk Menyajikan Informasi di SMP Negeri 1 Pace. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tri Atmadji Sutikno, M.Pd. , (2) Drs. Hari Putranto Kata Kunci: PTK, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas belajar, hasil belajar Pelaksanaan KTSP harus menegakkan lima pilar belajar, salah satunya adalah belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses pembelajaran yang efektif, aktif, kreatif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII-C SMPN 1 Pace diketahui pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa malas mengerjakan praktek, kurang aktif mencatat penjelasan guru, serta kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, sehingga aktivitas di kelas kurang. Persentase ketuntasan siswa pada pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi masih kurang. Menurut data yang diperoleh peneliti dari hasil ulangan harian, jumlah siswa yang tuntas dalam pokok bahasan tersebut kurang dari 75% dan banyak siswa yang mendapat nilai dibawah SKM yang ditentukan (SKM yang ditentukan adalah 75) yaitu dari 38 siswa yang mendapat nilai sama dengan atau lebih dari 75 hanya 17 siswa. Untuk mengatasi masalah-masalah diatas, solusi yang ditawarkan adalah mengganti model pembelajaran yang digunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jenis penelitian tindakan kelas ini menggunakan model kolaboratif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Pace dengan subjek penelitian kelas VIII-C sebanyak 38 siswa Hasil penelitian ini meliputi (1) keberhasilan tindakan guru dalam melaksanakan tindakan adalah 91,17% dengan kualifikasi sangat baik (A), pada siklus II dan III keberhasilan tindakan guru dalam melaksanakan tindakan adalah 100% dengan kualifikasi sangat baik (A); (2) Aktivitas siswa pada siklus I memiliki persentase total 73,32%, dengan kualifikasi Cukup (C) siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,40% dengan kualifikasi Baik (B), dan pada siklus III mengalami peningkatan dibanding siklus II menjadi 88,71% dengan kualifikasi Baik (B); (3) Hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III. Persentase ketuntasan siswa siklus I adalah 57,89%, dengan rata-rata 74,85, siklus II 78,95% dengan rata-rata 82,82, dan siklus III 86,84% dengan rata-rata 84,06;(4) Hasil belajar ranah afektif siswa mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III pada penerapan model pembelajaran TGT. Persentase ketuntasan siswa siklus I adalah 84,93%, siklus II 89,01%, dan siklus III 92,11%;(5) Hasil belajar ranah psikomotorik siswa mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III pada penerapan model pembelajaran TGT. Persentase ketuntasan siswa siklus I adalah 72,43%, siklus II 85,26%, dan siklus III 95,72%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi di SMP Negeri 1 Pace. ABSTRACT Hafizidin, Mutia Reza. 2012. Implementation Cooperative Learning Model Teams Games Tournament (TGT) Type to Improve Activity and Learning Achievement Using Spreadsheet Software to Present Information at SMPN 1 Pace .Thesis, Informatics Engineering Education Program, Electrical Engineering Department, Engineering Faculty, State University of Malang. Adviser : (1) Dr. Tri Atmadji Sutikno, M.Pd. , (2) Drs. Hari Putranto. Keyword: Classroom Research, Cooperative Learning Model TGT Type, learning activity, learning achievement The implementation of KTSP should enforce the five pillars of learning, one of them is learning to build and self-discovery through a process of learning that effective, active, creative and fun. According to observation at VIII-C class SMPN 1 Pace is known that the learning is still teacher centered, the student is lazy to do their practice, and less to write the explanation from teacher, asking and answering the question from teacher too. Percentage completeness of students at using Spreadsheet Software to Present Information material is still less. According to data obtained by researchers from the results of daily tests, the number of students who completed the subject is less than 75% and a lot of students who scored below a specified SKM (SKM determined is 75) is from 38 students who scored equal to or more than 75 only 17 students. To solve the above problems, the solution offered is to replace the learning model used by the cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT). The design of this research was classroom action research. This classroom action research is using collaborative model. The research was implemented at SMPN 1 Pace with the subject of research is VIII-C class were 38 students. The results of this research include (1) the success of teachers' actions in implementing the measures is 91.17% in 1st cycles with very good qualifications (A), in 2nd cycles and 3rd, the success of the actions of teachers in implementing the action is 100% with very good qualifications (A). (2) Student’s activities at 1st cycles have percentage total 73.32%, with the qualification Enough (C).In 2ndcycle has increased to 81.40% with a qualification Good (B), and the 3rd cycle has increased compared to the 2nd cycle becomes 88.71% with a qualification Good (B), (3) the results of the cognitive learning of students has increased from 1 st, 2nd, and 3rd cycles. Percentage of students completeness at 1st is 57.89%, with an average of 74.85, the 2nd cycle is 78.95% with an average of 82.82, and the 3rd cycle is 86.84% with an average of 84.06, (4 ) the psychomotor domain of student learning has increased from 1 st, 2nd, and 3rd cycles on the application of TGT learning models. Percentage of students completeness at 1 st, cycles is 84.93%, the 2nd cycles is 89.01%, and the 3rd cycles is 92.11%, (5) The results of studying the affective domain of students has increased from 1 st, 2nd, and 3rd cycles on the application of TGT learning models. Percentage of students completeness at 1 st cycles is 72.43%, the 2nd cycles is 85.26%, and 3rd cycles is 95.72%. The conclusion is the application of cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) type may increase the activity and student learning achievement in the material of using spreadsheet software to present information at SMPN 1 Pace.