Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pokok Bahasan Software Pengolah Angka Untuk Siswa Kelas V di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang

Main Author: Astri Novitaningrum; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2012
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/19254
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Novitaningrum, Astri. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pokok Bahasan Software Pengolah Angka Untuk Siswa Kelas V di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. Muladi, S.T., M.T. (2)Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. Kata kunci: Media pembelajaran, interaktif, web, software pengolah angka Wawancara yang telah dilakukan dengan guru TIK di SD Laboratorium UM, menemukan masalah dalam prestasi belajar siswa Kelas V pada pokok bahasan menggunakan software pengolah angka. Pada pokok bahasan ini, prestasi belajar siswa dipandang masih belum memenuhi standar kompetensi minimum penilaian. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pola pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan pokok bahasan ini masih dianggap sulit. Tujuan yang diambil dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web dan menguji kelayakannya sebagai media pembelajaran. Pada penelitian ini, metode pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model R&D Sugiyono. Model tersebut memiliki sepuluh tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Sedangkan model pengembangan perangkat lunak yang dikembangkan mengggunakan model waterfall. Model waterfall ini memiliki empat tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan dan pendefinisiannya, perancangan sistem dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, pengoperasian dan perawatan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis web yang bersifat dinamis. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, guru, perseorangan, kelompok kecil dan lapangan diperoleh data akhir 95,75%, dari hasil tersebut media ini sudah layak. Penelitian ini juga menggunakan uji t dan uji korelasi untuk menguji apakah media ini efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis web. Berdasarkan hasil uji korelasi, terjadi hubungan yang signifikan antara skor angket siswa dengan skor rata-rata post-tes siswa. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media interaktif berbasis web sangat efektif untuk peningkatkan hasil belajar siswa.