Perbedaan hasil belajar pelajaran TIK melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran Kooperatif pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang
Daftar Isi:
- ABSTRAK Adhim, Chori Fauzan. 2012. Perbedaan hasil belajar pelajaran TIK melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran Kooperatif pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd (II) Yuni Rahmawati S.T., M.T. Kata kunci: hasil belajar, TIK, metode teams games tournament, metode kooperatif Pada pembelajaran TIK umumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman materi pelajaran, siswa cenderung merasa bosan ketika mengikuti pelajaran dan berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa yaitu dengan rata-rata nilai hasil data belajar 56,80 yang masih di bawah SKM di SMAN 1 Torjun yaitu 75. Kesulitan tersebut disebabkan antara lain karena pembelajaran TIK pada umumnya cenderung berorientasi pada guru dan pelaksanaannya dilakukan secara kooperatif atau metode kerja kelompok. Agar siswa merasa senang dan tertarik untuk belajar TIK perlu dibangun pembelajaran dengan suasana santai, bermakna dan menyenangkan bagi siswa, salah satunya dengan menggunakan metode teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan menggunakan metode teams games tournament, mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan menggunakan metode kooperatif, dan mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa melalui penggunaan metode teams games tournament dengan metode kooperatif. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen desain berimbang, menggunakan prates (pretest) dan pasca tes (posttest) atau pretest-posttest control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu motode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XII IPA-1 sebagai kelas yang menggunakan metode kooperatif dan kelas XII IPA-2 sebagai kelas yang menggunakan metode teams games tournament. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, LKS, lembar observasi, penugasan, dan tes tulis (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kedua metode pembelajaran yaitu uji-t yang dihitung dengan bantuan SPSS 16 for windows. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode teams games tournament, didapatkan nilai tertinggi adalah 93,20 dan nilai terendah adalah 76,29 serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 86,53. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif didapatkan nilai tertinggi adalah 81,63 dan nilai terendah adalah 60,29 serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 73,88. Berdasarkan analisis data uji–t dua pihak diperoleh nilai thitung (11,836) lebih besar dari ttabel (2,001) dan nilai Sig. (0,000) kurang dari 0,05 maka disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pelajaran TIK siswa yang menggunakan metode team games tournament dengan yang menggunakan metode kooperatif. ABSTRACT Adhim, Chori, Fauzan. 2012. The Differentiation of ICT Student’s Achievement Using Teams Games Tournament Learning Model with Cooperative Learning Model at Class XII in Senior High School 1 Torjun Sampang. Mini Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd (II) Yuni Rahmawati S.T., M.T. Keywords: study result, ICT, model teams games tournament, model cooperative On learning of ICT is generally learners have difficulty in understanding the the subject matter, students tend to feel tired when following the lessons and impact on student learning outcomes is decreasing with the average value of 56.80 is still studying the data under the SKM in SMAN 1 Torjun of 75. The difficulty is caused the learning of ICT generally oriented to the teachers and the implementation is done cooperative. In order for students to feel happy and interested to learn ICT, learning needs to be built with a relaxed atmosphere, meaningful and enjoyable for students by using the team games tournament. The purpose of research is to describe the results of ICT students learn using the team games tournament method, describe the result of ICT students using cooperative method, and know the difference study result wich using model team games tournament with model cooperative. The research is counter balanced design, using pretest and posttest or pretest-posttest control group design. Research variables consist of independent variable is the learning method and dependent variable is the learning result. The population in this research are all students of class XII State Senior High Shcool 1 Torjun, amounting to 8 classes. The research sample is determined by using purposive sampling technique, they are XII IPA-2 class as a class that use team games tournament method and XII IPA-1 class as a class that uses cooperative methods. The instruments used in this research is the syllabus, lesson plans, worksheets, observation sheets, assignment and written tests (pretest and posttest). The data analysis technique used to determine differences in outcomes both methods is t-test, calculated with the help of SPSS 16 for windows. After learning using the team games tournament method, got the highest score is 93.20 and the lowest score is 76.29 and the average of learning result is 86.53. While learning with cooperative method obtained the highest score is 81.63 and the lowest score is 60.29 and the average value of learning result is 73.88. Based on data analysis t-test obtained by value tcount the two parties (11,836) is greater than ttable (2.001) and the value of Sig. (0,000) less than 0.05 then it was concluded there were differences in student learning result of ICT lessons which use the team games tournament method with uses cooperative methods.