Pengaruh Penerapan Pembelajaran CLSEG dan Ceramah Interaktif Terhadap Hasil Belajar TIK Materi Mempraktikan Keterampilan Dasar Komputer Kelas VII SMP Negeri 13 Malang

Main Author: GRES DYAH KUSUMA NINGRUM; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/12569
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ningrum, Gres Dyah Kusuma. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran CLSEG dan Ceramah Interaktif Terhadap Hasil Belajar TIK Materi Mempraktikan Keterampilan Dasar KomputerKelas VII SMP Negeri 13 Malang. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T, (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata kunci: Cooperative Learning, Expert Group, pengaruh, hasil belajar, pe-rangkat.keras. Salah satu kunci utama dalam proses belajar mengajar adalah guru. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang kurang memperhatikan penggunaan metode belajar yang tepat. Pola pembelajaran masih didominasi oleh peran seorang guru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan sebuah model CLSEG (Cooperative Learning Strategi Expert Group) pada materi mempraktikan keterampilan dasar komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui seberapa besar pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran model CLSEG dan ceramah interaktif materi “Mempraktikan Keterampilan Dasar Komputer” Kelas VII SMP Negeri 13 Malang, serta untuk mengetahui mampu atau tidaknya model CLSEG dalam meningkatkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pola pretest- posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian menggunakan dua kelas dimana teknik pengambilannya melalui purposive sam-pling. Kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol.Variabel penelitian terdiri dari, variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan dan instrumen hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model CLSEG terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan yaitu sebesar 34,71, sedang-kan dengan penerapan ceramah interaktif juga terdapat pengaruh meskipun tidak sebesar dengan penerapan model CLSEG, dilihat dari perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 27,79. Hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen juga menunjukkan perbedaan signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0,002