PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI DESAIN WEB UNTUK PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ)
Main Author: | Wiwit Rahayu; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/12523 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahayu, Wiwit. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis E-Learning pada Materi Desain Web untuk Pendidikan Jarak Jauh. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom., (2) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. Kata kunci: pengembangan sumber belajar, e-learning, desain web, pendidikan jarak jauh. Keterbatasan ruang dan waktu menjadi kendala utama bagi peningkatan kualitas pengajaran dan kesempatan belajar, terutama di Indonesia yang wilayahnya tersebar di berbagai daerah. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan dapat memanfaatkan salah satu teknologi jaringan belajar yang disebut online technology. Teknologi pendidikan jarak jauh (PJJ) ini sebagai alternatif pemerataan kesempatan belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengakses sendiri materi atau bahan yang dibelajarkan (self contained materials) yaitu dalam bentuk e-learning. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar berbasis e-learning pada materi desain web untuk PJJ. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Susilana dan Riyana yang disesuaikan dengan pengembangan sumber belajar berbasis e-learning. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan diambil dari peserta didik SMK Negeri 1 Panggungrejo-Blitar dan anggota Karang Taruna Desa Panggungrejo dan Desa Margomulyo. Produk sumber belajar berbasis e-learning ini menggunakan software Moodle. Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 92.5%, dari ahli materi mendapat persentase 85%, dan dari responden 91%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar berbasis e-learning pada materi desain web untuk pendidikan jarak jauh dapat disimpulkan valid/layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar jarak jauh. Deseminasi sumber belajar ini dapat diterapkan pada sanggar belajar, kejar paket, dan pertemuan rutin anggota Karang Taruna. Pengembangan sumber belajar lebih lanjut dapat ditambahkan materi lain baik materi tentang desain web maupun materi lain.