Perbedaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar KKPI Kelas XI Di SMK Negeri 1 Singosari

Main Author: Galih Amirul Rohmad; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/10262
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rohmad, Galih Amirul. 2010. Perbedaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar KKPI Kelas XI Di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi,S.T., M.T., (II) H.M. Rodhi Faiz, S.T., M.T. Kata Kunci: STAD, Pembelajaran Berbasis Proyek, CTL, Hasil belajar Berdasarkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari diperoleh informasi bahwa pembelajaran KKPI menggunakan metode CTL (Contextual Teaching Learning) tetapi pada kenyataannya masih banyak menggunakan ceramah dan diskusi konvensional sehingga hasil belajar yang diperoleh sedikit diatas KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran model Student Teams – Achievement Division (STAD) pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dan menggunakan tipe pretest-posttest, non-equivalent control group design . Sampel pada penelitian ini adalah kelas kelas XI TGB 2 (26 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TOI 1 (30 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dan CTL. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran CTL. Untuk hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata (81,28) lebih tinggi dari kelas kontrol (77,27) dengan selisih sebesar 4,01 poin. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL.