KONTRIBUSI PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 02 KOTA MALANG

Main Author: Rakhma Agustina Sulistyowati; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/10231
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sulistyowati, Rakhma A. 2010. Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Penggunaan LKS Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa kelas IX di SMP Negeri 02 Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Univeristas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sujono, MT, (II) Didik Dwi Prasetya, ST.,MT. Kata Kunci : Fasilitas belajar, LKS, TIK, Hasil Belajar. Pemanfaatan fasilitas belajar dan penggunaan sumber belajar (LKS) memiliki peran penting dalam pendidikan. Pemanfaatan fasilitas belajar TIK di sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dapat membantu siswa menyerap materi yang diberikan oleh guru. Penggunaan LKS sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar yaitu ketrampilan berpikir serta ketrampilan praktik siswa sehingga meningkatkan hasil belajar TIK di sekolah. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui seberapa besar sumbangan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar TIK; (2) Mengetahui seberapa besar kontribusi penggunaan LKS terhadap hasil belajar TIK; (3) Mengetahui seberapa besar sumbangan X1 dan X2 secara simultan dengan hasil belajar TIK. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional yaitu mendeskripsikan hubungan antara variabel bebas pemanfaatan fasilitas belajar (X1) dan variabel bebas penggunaan LKS (X2) terhadap variabel terikat hasil belajar TIK (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 02 Kota Malang tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 385 siswa dengan jumlah sampel 79 siswa. Metode sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel X1 dan X2 dan dokumentasi untuk variabel Y. Analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial untuk mengetahui masing-masing hubungan X1 dan X2 terhadap Y. Dan analisis korelasi ganda untuk hubungan X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Besar sumbangan diperoleh dari koefisien determinan. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 15. Hasil penelitian: (1) Ada hubungan X1 terhadap Y dengan koefisien korelasi (Rxy) sebesar 0,814. Kontribusi X1 terhadap Y sebesar 66,26% (2) Ada hubungan X2 terhadap Y dengan koefisien korelasi (Rxy) sebesar 0,725. Kontribusi X2 terhadap Y sebesar 52,56% (3) Ada hubungan X1 dan X2 secara simultan tehadap Y dengan koefisien korelasi ganda (Rxy) sebesar 0,948. Dan kontribusi X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 89,87%.