Efektifitas Pembelajaran KKPI Pada Pokok Bahasan Mengoperasikan Operasi Sistem Graphics Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Peta Konsep dan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Kelas X Di SMK Negeri 1 Singosari Malang

Main Author: Andianto Fortasoni
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/10170
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fortasoni, Andianto. 2010. Efektifitas Pembelajaran KKPI Pada Pokok Bahasan Mengoperasikan Operasi Sistem Graphics Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Peta Konsep dan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Kelas X Di SMK Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono Pamungkas, M.T.,(II) I Made Wirawan, S.T, S.ST. Kata Kunci: efektifitas pembelajaran, pembelajaran kooperatif peta konsep, CTL (Contextual Teaching and Learning). Dalam menunjang efektifitas KKPI, pembelajaran haruslah berusaha untuk dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Efektifitas KKPI juga memiliki pengaruh atau akibat yang ditimbulkan, tetapi dalam hal ini efektifitas KKPI yang baik adalah dampak dari belajar KKPI, baik itu adalah hasil belajar yang memuaskan ataupun merupakan keberhasilan dari suatu usaha atau tindakan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menunjang efektifitas pembelajaran KKPI adalah kooperatif peta konsep dan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana kedua metode pembelajaran dapat membuat siswa lebih aktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan akhir/hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif peta konsep, (2) mendeskripsikan kemampuan akhir/hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), (3) mendeskripsikan pengaruh efektifitas pembelajaran KKPI pada pokok bahasan mengoperasikan operasi sistem graphics user interface dengan menggunakan metode kooperatif peta konsep dan model pembelajaran CTL. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experimental design ) dengan pre tes dan pos tes non equivalent control group design, dan jenis penelitiannya yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Singosari Malang semester satu tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelas X TKB 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKB 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling (pertimbangan tertentu). Instrumen penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan berupa perangkat pembelajaran. Instrumen pengukuran berupa instrumen tes dan lembar observasi. Analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dari hasil rata-rata tes awal dengan tes rata-rata akhir dimana kelas eksperimen meningkat dari 65,25 menjadi 76,73 atau sebesar 17,6% dan kelas kontrol meningkat dari 62,03 menjadi 75,50 atau sebesar 21,7%. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk kelas eksperimen sebesar 76,40% dan kelas kontrol sebesar 80,15%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif peta konsep dan model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran KKPI.