Perbedaan Hasil Belajar antara Pembelajaran Cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) dan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X di SMK Negeri 2 Singosari
Main Author: | Hidayatul Kharomah; mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Elektro/article/view/53027 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Kharomah, Hidayatul. 2016. Perbedaan Hasil Belajar antara PembelajaranCooperative tipe Teams Game Tournament (TGT) dan Metode Ceramahpada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. FakultasTeknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hary Suswanto,S.T., M.T. (II) Drs. Suwasono, M.T.Kata Kunci: Cooperative tipe Teams Game Tournament (TGT), Ceramah, HasilBelajar, Teknik Listrik.Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X Mata Pelajaran TeknikListrik di SMK Negeri 2 Singosari, Kabupaten Malang ditemukan beberapakendala saat proses pembelajaran kurikulum 2013. Kendala tersebut berupakesulitan guru menyampaikan materi pelajaran menggunakan pendekatansaintifik, pembelajaran didominasi oleh metode ceramah, siswa cederung pasifsaat proses pembelajaran, dan siswa kurang bisa membangun konsep pemahamanmateri yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala tersebutpeneliti bermaksud memberikan alternatif metode lain sebagai perbaikan dariproses pembelajaran menggunakan pembelajaran cooperative tipe Teams gameTournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaanhasil belajar ranah pengetahuan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2)peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajarancooperative tipe Teams Game Tournament (TGT), dan (3) peningkatan hasilbelajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.Rancangan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design denganpola non-equivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan duakelas yaitu kelas X TEI 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakanpembelajaran cooperative tipe Teams game Tournament (TGT) dan kelas X TEI 1sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Analisa data untukmenguji hipotesis penelitian adalah analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar padaranah pengetahuan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, rata-rata nilaipengetahuan kelas eksperimen sebesar 85,58 dan kelas kontrol sebesar 78,43, (2)terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas ekperimen yang menggunakanpembelajaran cooperative tipe Teams game Tournament (TGT), dan (3) terdapatpeningkatan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative tipe Teams GameTournament (TGT) memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baikdibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah padaMata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X.iiABSTRACT Kharomah, Hidayatul. 2016. The Differences of Learning Outcomes betweenCooperative Learning Teams Game Tournament (TGT) type and DirectLectured at Electrical Engineering Subject of Grade Ten on SMK Negeri 2Singosari. Thesis. Study Program of Electrical Engineering EducationDepartment of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. UniversitasNegeri Malang. Supervisor: (I) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. (II) Drs.Suwasono, M.T.Keywords: Cooperative Learning Teams Game Tournament (TGT) Type, Teacher-Centered, Learning Outcomes, and Electrical EngineeringBased on the observation of grade ten on Electrical Engineering subject atSMK Negeri 2 Singosari found some problems in the learning activities ofKurikulum 2013. These problems are include of difficulties from teacher topresent the materials using scientific approach, learning s dominated by directlectured, students passive during the learning activities, and students are less ableto build the concept of understanding the material in the class. Therefore, to solvethese problems, the researcher provide alternative methods to improve learningactivities using cooperative learning Teams Game Tournament type (TGT). Thisresearch to determine: (1) the differences of knowledge learning outcomesbetween experiment class and control class, (2) the enhancement of learningoutcomes in the experiment class using cooperative learning Teams GamesTournament type (TGT), and (3) the enhancement of learning outcomes in thecontrol class using direct lectured. The research design is quasi-experimental design within non-equivalentcontrol group design. This reserach design uses two classes that X TEI-2 asexperiment class which using cooperative learning of Teams Game Tournamenttype (TGT) and X TEI-1 as the control classes using direct lectured. Analysis totest the hypothesis research is t-test analysis. The results of this research: (1) there is the differences of knowledgelearning outcomes between experiment class and control class, the average valueof knowledge on experiment class is 85.58 and on control class is 78,43, (2) thereis the enhancement of learning outcomes in experiment class using cooperativelearning Teams Game Tournament type (TGT), and (3) there is the enhancementof learning outcomes in control class using direct lectured. It can be concludedthat the cooperative learning Teams Games Tournament type (TGT) type can beenhancement of learning outcomes better than direct lectured on Electrical Engineering subject of grade ten.