HUBUNGAN KETELADANAN GURU DAN KOMPETENSI PRODUKTIF DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 1 BLITAR
Main Author: | Agung Setya Wibawa; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Elektro/article/view/19252 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wibawa, Agung S. 2012. Hubungan Antara Keteladanan Guru Dan Kompetensi Produktif Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Setiadi C.P., M.T., M.Pd., (2) M. Rodhi Faiz, S.T., M.T. Kata Kunci: Keteladanan Guru, Kompetensi Produktif, Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran objektif tentang, (1) Hubungan antara keteladanan guru dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa,(2) Hubungan kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa, dan (3) Hubungan antara keteladanan guru dan kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Blitar. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Blitar, dengan sampel sebanyak 68 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi, dimana sampel diambil dari semua populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda untuk mengungkap besarnya hubungan keteladanan guru dan kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows versi 16. Penelitian ini berhasil mengungkap (1) Keteladanan guru (X1) memiliki kategori sangat baik sebesar 60,29%, (2) Kompetensi produktif (X2) memiliki kategori sedang 64,70%, dan (Y) memiliki kategori siap sebesar 60,29%, hasil analisis uji hipotesis (1) Ada hubungan yang signifikan antara keteladanan guru dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Blitar. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Blitar. (3) Ada hubungan yang cukup kuat antara kedua prediktor yaitu, keteladanan guru dan kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Blitar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Keteladanan guru berada dalam kategori sangat baik, (2) Kompetensi produktif berada dalam kategori sedang, (3) Kesiapan memasuki dunia kerja berada dalam kategori siap, (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara keteladanan guru dengan kesiapan memasuki dunia kerja dengan perolehan nilai koefisen korelasi parsial antara X1 dengan Y yaitu Ry1 sebesar 0,363 dengan (p) 0,02 < 0,05; (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja dengan perolehan nilai koefisen korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu Ry2 sebesar 0,538 dengan (p) 0,00 < 0,05; (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara guru dan kompetensi produktif dengan kesiapan memasuki dunia kerja dengan perolehan nilai koefisen korelasi ganda 2 prediktor antara X1 dan X2 dengan Y yaitu R sebesar 0,652 dan nilai Fhitung 24,014 dengan (p) 0,00 < 0,05.