PERBEDAAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENERAPKAN TUTOR SEBAYA DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK BENGKEL ELEKTROMEKANIK KELAS X TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 1 JENAN
Main Author: | Eka Puji Lestari; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Elektronika/article/view/38457 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lestari, Eka Puji. 2015. Perbedaaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Menerapkan Tutor Sebaya dan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Praktik Bengkel Elektromekanik Kelas X Teknik Otomasi Industri SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro,Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (1) Drs. Fx. Budi Raharjo, M.Pd, (2) Yuni Rahmawati S.T, M.T Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Tutor Sebaya, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar. Model pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan sistem student center, namun pada mata pelajaran Praktik Bengkel Elektromekanik SMKN 1 Jenangan Ponorogo, siswa kurang aktif dan guru lebih mendominasi pembelajaran, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Tutor Sebaya dan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuantitatif tipe pretest-posttest control group desain. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X T.OI-A (32 siswa) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X T.OI-B (32 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Tutor Sebaya dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa statistik kuantitatif untuk menganalisa data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogienitas, uji kesamaan duat rata-rata, dan uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu model pembelajaran Project Based Learning dengan Tutor Sebaya pada kelas eksperimen lebik baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, karena siswa lebih aktif, dapat menghargai orang lain dan dapat mengembangkan ketrampilan dengan baik.