PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PENERAPAN METODE PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Author: | MOHAMAD NUR AFANDI; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Elektronika/article/view/21631 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Afandi, Mohamad Nur. 2011. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Penerapan Metode PAIKEM pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Puger Honggowiyono, M.T, (2) M. Zainal Arifin, S.Si, M.Kom. Kata Kunci: Multimedia interaktif, metode PAIKEM, Pendidikan Agama Islam Berdasarkan infomasi yang didapat dari pengamatan para pendidik, bahwa para remaja usia sekolah menengah pertama dan menengah atas saat ini dilanda wabah degradasi akhlaq khususnya akhlaq kepada diri sendiri. Dari kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa realita moral generasi muda yang perlu diperhatikan dan sangat perlu diambil suatu tindakan nyata. Dalam hal ini diperlukan suatu perbaikan kualitas pelajaran pendidikan agama Islam sebagai solusi kongkrit yang cepat, tepat dan akurat agar tercapai suatu hasil yang diharapkan untuk meningkatkan hasil belajar secara nyata. Tujuan dari penelititan ini adalah berupaya untuk Dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik khususnya bagi yang belajar tentang Agama Islam agar mendapatkan hasil optimal yang bisa terwujud dalam kehidupan sehari-hari para peserta didik. Pendidikan terkadang hanya menyajikan suatu ilmu yang bersifat teori semata tanpa mengedepankan kebutuhan Softskill, yang mana kebutuhan softskill inilah yang dapat membentuk karakteristik bangsa untuk menjadi lebih baik. Untuk itu akan diterapkan pemanfaatan teknologi multimedia yang akan dikolaborasikan dengan metode PAIKEM pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan harapan agar lebih mudah dan efektif serta dengan harapan supaya masa depan pembelajaran kedepan hasilnya lebih bisa terlihat sesuai dengan harapan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah diujicobakan kepada ahli materi dengan hasil 92,71%, ahli media 95,54% dan siswa 82,08%. Sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan valid dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan karena dalam penelititan ada pretest dan Postes yang membuktikan keberhasilan dari hasil yang tampak ada suatu peningkatan yang melebihi nilai SKM mata pelajaran pendidikan Agama Islam. dalam membantu proses pembelajaran. Disarankan untuk kedepannya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran ini.