Alat Pemesanan Makanan Otomatis Melalui Keypad Berbasis Mikrokontroler Atmega 16 Dilengkapi Tampilan LCD
Main Author: | WELY KARTIKO; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TA-Elektronika/article/view/21318 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kartiko, Wely. 2012. Alat Pemesanan Makanan Otomatis Melalui Keypad Berbasis Mikrokontroler Atmega 16 Dilengkapi Tampilan LCD. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T. (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T. Kata kunci: Keypad, Switch, Komunikasi Serial DB9, Delphi, LCD, ATmega 16 Perkembangan zaman pada saat ini berjalan dengan sangat cepat dalam segala aspek kehidupan manusia dimanapun berada, salah satu contohnya dari pernyataan ini adalah perkembangan dalam dunia usaha seperti rumah makan. Dalam era saat ini kebanyakan para pengusaha-pengusaha ataupun para pekerja kantoran lebih disibukkan oleh pekerjaannya sendiri, mereka lebih memilih untuk mengisi kebutuhan perutnya dengan membeli makanan, ini disebabkan oleh pekerjaan mereka yang membuat waktu para pekerja tersebut tidak mencukupi untuk membuat masakan sendiri. Dalam hal ini ditinjau dari segi penjualnya mereka harus dapat menjual produknya secara maksimal, maksudnya para penjual tersebut harus mampu memaksimalkan marketing pada produknya tersebut sehingga dapat menarik banyak para pelanggan. Metode perencanaan perangkat secara keseluruhan, yang meliputi pokok bahasan utama proyek akhir. Perangkat keras meliputi perancangan rangkaian catu daya, LCD, rangkaian minimum sistem mikrokontroler atmega 16, dan rangkaian LCD. Sedangkan perancangan untuk perangkat lunak meliputi pemrograman bahasa C. Pada alat ini, terdapat perancangan mekanis, yang meliputi perancangan mekanik serta perancangan tata letak perangkat pendukung kotak box, LCD, dan keypad sebagai media pemesanan makanan. Prinsip kerja dari sistem secara keseluruhan yaitu: Pembeli masuk ke pintu masuk lalu menuju ke alat pemesanan untuk memesan makanan, pilih meja 1 sampai dengan meja 3 dengan menekan tombol keypad nomor 1 sampai dengan nomor 3, setelah memilih meja yang di inginkan maka pilihlah menu yang di inginkan sesuai “Daftar Menu” yang ada di sebelah kanan anda. Setelah memesan silakan menunggu di meja yang sudah anda pesan, maka pesanan yang anda pesan siap di antarkan. Setelah selesai makan pembeli langsung bisa menuju ke kasir untuk membayar dan meminta print data harga / total akhir menu yang sudah di pesan. Selanjutnya pembeli menuju pintu keluar. Berdasarkan hasil perancangan, pembuatan, pengujian dan pembahasan diperoleh kesilmpulan sebagai berikut: Prototipe alat pemesanan makanan secara otomatis melalui keypad yang telah dirancang sudah sesuai dengan prinsip kerja yang diinginkan. Untuk memesan menu makanan digunakan keypad sebagai masukan dari mikrokontroler di interfacekan pada komputer. Sebelum memilih menu yang telah ada terlebih dahulu adalah menentukan meja yang akan dipesan. Dapat memesan makanan secara otomatis melalui keypad sehingga lebih praktis, cepat dan efisien Dari hasil pengujian alat pemesanan makanan otomatis melalui keypad telah sesuai dengan yang diharapkan.