Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Pizza di Restoran Pizza Hut Malang
Main Author: | GHOZALI GHOZALI GHOZALI; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TIBusana/article/view/8266 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ghozali. 2010. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Kepeutusan Pembelian Pizza di Restoran Pizza Hut Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Etta Mamang Sangadji M.Si. (2) Dra. Agus Hery Supadmi Irianti, M.Pd. Kata kunci: Perilaku konsumen, keputusan pembelian, Pizza Hut. Perkembangan pemasaran seperti yang terjadi pada saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dalam rangka mendapatkan pelanggan yang sebanyak-banyaknya serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada, supaya tidak beralih ke perusahaan lain. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui deskripsi faktor budaya, sosial, pribadi, dan spikolgis pada Restoran Pizza Hut Malang. (2) Mengetahui deskripsi keputusan pembelian pada Restoran Pizza Hut Malang. (3) Mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian pizza di Restoran Pizza Hut Malang secara parsial dan simultan. Sedangkan jumlah sampel yang telah ditentukan menggunakan rumus slovin adalah sebanyak 100 responden, dan metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 2 variabel, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Setelah dilakukan pengolahan data dan analisis regresi berganda, diperoleh temuan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara faktor budaya (X1) 56,7%, pribadi (X3) 44,5%, psikologis (X4) 31,3% dan sosial (X2) 21%, terhadap keputusan pembelian pizza di Restoran Pizza Hut Malang, (2) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian pizza di Restoran Pizza Hut Malang. Diketahui sebesar 61,9% keputusan pembelian konsumen di Restoran Pizza Hut Malang dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis sedangkan sisanya yaitu sebesar 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka saran yang dapat disampaikan adalah: (1) faktor budaya konsumen yang melakukan pembelian di Restoran Pizza Hut Malang lebih diperhatikan lagi seperti nilai baik dan tidaknya makanan yang disediakan atau halal tidaknya bahan yang digunakan. (2) faktor sosial konsumen yang melakukan pembelian di Restoran Pizza Hut Malang dapat diabaikan.