PengaruhPembelajaranBolavoliGandu Level II danBolavoli MiniMenggunakanMetodeBermainTerhadapHasilBelajarKeterampilanPassing AtasBolavoliPadaSiswaKelas VIII J SMPN 10 Kota Malang
Main Author: | Adhe Agung Setya Budi; MAHASISWA |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/81938 |
Daftar Isi:
- Kata kunci: bolavoligandu level II, bolavoli mini, passing atasbolavoliBerdasarkanhasilobservasiketerampilanpassing atasbolavolisiswakelas VIII J padahariJum’attanggal 24 Agustus 2018 di SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang diperoleh 66,7% siswamendapatkannilaikurangbaik, 26,7% Cukup, dan 6,7% Baik.Tidakadanyapermainanataumodifikasidalampelaksanaanpembelajaranbolavolimembuatsiswatidakmaksimaldalam proses pembelajaran yang akanberdampakpadakurangnyapeningkatandanpengembangantingkatketerampilandalamhalbermainbolavoli.Olehkarenaitupenelititertarikuntukmengenalkandanmemberikanpembelajaranbolavoligandu level IIdanbolavoli mini di SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang khususnyauntukkelas VIII J.Tujuandalampenelitianiniadalah: (1) untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoligandu level IImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassing atasbolavolipadasiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang, (2) untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassing atasbolavolipadasiswakelas VIII JSekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang, (3) untukmengetahuiperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandu level II danpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassing atasbolavolipadasiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganrancangantwo group pretest-posttest design. Variabelbebasberupabolavoligandu level IIdanbolavoli minimenggunakanmetodebermain, variabelterikatberupahasilbelajarketerampilanpassing atasbolavoli. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang yang berjumlah 30 siswadengan 15 siswakelompokbolavoligandu level IIdan 15siswakelompokbolavoli mini. Teknikanalisis data menggunakananalisisvarianssatuarah(One Way Anova) dengansignifikansi α = 0,05.Berdasarkanhasilujihipotesismenggunakananalisisvarianssatuarahdiperoleh: (a) terdapatperbedaan rata-rata skorpretest danposttesthasilbelajarpassing ataskelompokpembelajaranbolavoligandu level IImenggunakanmetodebermain, denganprobabilitas 0,00 < 0,05. Dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoligandu level II menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilanpassing atas,(b)terdapatperbedaan rata-rataskorpretest danposttesthasilbelajarpassing ataskelompokpembelajaranbolavoli minimenggunakanmetodebermain, denganprobabilitas 0,00 <0,05. Dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilanpassing atas, (c) terdapatperbedaan rata-rataskorposttesthasilbelajarpassing ataskelompokpembelajaranbolavoligandu level IIdankelompokpembelajaranbolavoli minimenggunakanmetodebermain,denganprobabilitas 0,00 < 0,05.Dengandemikianterdapatperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandu level II danpembelajaranbolavoli mini menggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilan passing atas.Dapatdisimpulkanpembelajaranbolavoligandu level II menggunakanmetodebermainlebihberpengaruhdibandingkanpembelajaranbolavoli mini terhadaphasilbelajarketerampilanpassing atasbolavolisiswakelas VIII J SekolahMenengahPertamaNegeri 10 Kota Malang. Berdasarkankesimpulantersebutmakadisarankanpembelajaranbolavoligandu level II metodebermainlebihberpengaruhsebagaipembelajaran yang mempermudahsiswadalammempelajaripermainanbolavolidandapatmeningkatanhasilbelajarketerampilanpassing atasbolavolisiswakelas VIII J SMPN 10 Kota Malang.