Pengaruh Metode Drill dan Metode Small-Sided Games terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Control Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang
Main Author: | abdullah fatoni; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/76364 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fatoni, Abdullah. 2018. Pengaruh Metode Drill dan Metode Small-Sided Games terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Control Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang. Skripsi, Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd, (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: metode pembelajaran, passing sepakbola, hasil belajar, ekstrakurikuler SMP. Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan setiap timnya terdiri dari sebelas orang dan beberapa pemain cadangan, yang bertujuan untuk memenangkan pertandingan dengan cara memasukkan bola ke gawang tim lawan. Olahraga sepakbola sangat digemari oleh semua kalangan dan dari segala umur, sehingga tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia untuk memainkan permainan ini. Rancangan penelitian ini menggunakan metode drill dan metode small sided games. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh metode drill dan metode small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian the matching pretest-posttest comparison group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta dimana 15 peserta sebagai kelompok drill dan 15 peserta sebagai kelompok small-sided games yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang (Fhitung 17,51 > Ftabel 4,20), (2) pembelajaran metode small-sided games memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang (Fhitung 16,57 > Ftabel 4,20), (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran metode drill dengan small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang (Fhitung 0,17