PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLAVOLI PLASTIK UNTUK SISWA KELAS 4 & 5 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GAYAM KABUPATEN SUMENEP

Main Author: MOHAMMAD SAHID; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/7588
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSahid, Mohammad. 2009. Pengembangan Permainan Bolavoli Plastik untuk Siswa Kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep. Kata kunci : Pengembangan, permainan, bolavoli plastik, dan siswa sekolah dasarSalah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang wajib diikuti oleh setiap siswa adalah mata pelajaran pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan dengan aktivitas jasmani sebagai media pendidikan. Di sekolah dasar pembelajaran pendidikan jasmani mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan siswa. Salah satunya berupa permainan bolavoli. Di sekolah dasar jenis permainan bolavoli yang diajarkan kepada siswa adalah permainan menggunakan bola besar dan bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi. Di antara kedua jenis permainan tersebut, permainan bola besar mencakup permainan bolavoli sebagai salah satu jenis permainan bola besar tersebut. Bolavoli merupakan bentuk permainan yang diminati siswa sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, sehingga permainan bolavoli sebaiknya dimainkan dengan peraturan yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancor II Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep dapat diketahui bahwa pengembangan permainan bolavoli yang ada sekarang dirancang untuk pengembangan permainan bolavoli untuk orang-orang dewasa. Karena pada dasarnya permainan bolavoli yang ada kurang sesuai dengan kemampuan fisik dan karakteristik siswa sekolah dasar. Siswa SDN Pancor II dan sekolah dasar-sekolah dasar di Kecamatan Gayam pada umumnya membutuhkan tahap awal pengenalan permainan bolavoli dengan bentuk permainan yang lebih sederhana dan sesuai dengan kemampuan fisik siswa sekolah dasar. Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: belum ada pembelajaran bolavoli yang sesuai kemampuan fisik siswa sekolah dasar. Hal ini menyebabkan penguasaan teknik bermain bolavoli siswa menjadi berkurang, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dalam materi bolavoli. Oleh sebab itu, dibutuhkan bentuk modifikasi permainan bolavoli sebagai penyederhanaan dari bentuk permainan bolavoli orang dewasa saat ini berupa permainan bolavoli plastik. Model pengembangan bolavoli plastik yang dikembangkan menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall. Untuk memperoleh data dalam pengembangan permainan ini digunakan teknik kuesioner pada ahli bolavoli, ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, dan siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa pengembangan permainan bolavoli plastik untuk siswa sekolah dasar Kecamatan Gayam adalah sebagai berikut: (1) Dua ahli bolavoli menyatakan bahwa permainan bolavoli plastik sesuai untuk siswa sekolah dasar; (2) ahli pembelajaran Penjas menyatakan bahwa permainan bolavoli plastik sesuai untuk siswa sekolah dasar; (3) hasil uji coba tahap I (kelompok kecil) dan (4) berdasarkan uji coba tahap II (kelompok besar) Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan bolavoli plastik sangat sesuai untuk diajarkan pada siswa kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep.