Pengaruh Model Pembelajaran Passing Berpasangan dan Small Sided Games Terhadap Hasil Belajar Passing Peserta Ekstrakurikuler Futsal
Main Author: | Muhammad Septiyan; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/75468 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK futsal adalah olahraga permainan sepakbola dengan lapangan dan gawang lebih kecil, biasanya dimainkan di dalam ruangan besar, masing-masing tim terdiri atas lima orang. Dalam suatu permainan futsal, passing bola merupakan salah satu teknik yang harus dimiliki karena mempunyai peranan penting dalam permainan futsal. Dalam proses latihan menunjukkan adanya masalah yaitu, kurangnya keterampilan passing belum dikuasai dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan adalah dengan menggunakan latihan passing berpasangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran passing berpasangan dan small sided game terhadap hasil belajar keterampilan passing futsal. Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan sampel penelitian 30 siswa peserta ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sampel dibagi dalam dua kelompok dengan cara ordinal pairing matching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes passing bola rendah. Hasil analisis varians menggunakan uji F, skor keterampilan tes awal dengan tes akhir kelompok pembelajaran passing berpasangan diperoleh hasil uji signifikasi yaitu, F hitung = 5,6 > F tabel 0,05 = 4,2 skor keterampilan tes awal dengan tes akhir kelompok latihan small sided game diperoleh hasil uji signifikasi yaitu, F hitung = 12,1 > F tabel 0,05 = 4,2 dan selisih skor keterampilan tes akhir masing-masing kelompok latihan diperoleh hasil uji signifikasi yaitu, F hitung = 4,85 > F tabel 0,05 = 4,2 maka dari itu dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok pembelajaran passing berpasagan dengan kelompok pembelajaran small sided game. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model small-sided games memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan model passing berpasangan terhadap hasil belajar passing futsal peserta ekstrakurikuler futsal SMK. Saran yang dapat diberikan kepada pembina ekstrakurikuler futsal SMK hendaknya memilih pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar passing peserta didiknya, salah satunya dengan metode small-sided games.