Pengembangan Variasi Latihan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 2 Malang Berbasis Compact Disk

Main Author: Muhamad Nur Ardiansyah; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/73721
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Ardiansyah, M.N. 2018. Pengembangan Variasi Latihan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 2 Malang Berbasis Compact Disk. Skripsi, JurusanPendidikanJasmani dan Kesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Usman Wahyudi,S.Pd.,M.Pd, (II) Drs.Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci:Bolavoli,passing atas bolavoli,aplikasi autoplay. Penelitian ini dilatar belakangi dari permainanbolavoli yang seringdigunakan dalam pertandingan adalah teknik dasar passing. Teknik dasar passing bolavolidibagi 2 macam yaitu,passing atas dan passing bawahyang banyak dilakukan untuk memainkan bola dalam proses menyusun serangan. Dari hasil observasi peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Malang mengalami kesulitan saat melakukan passing atas dan mengalami bosan saat latihan. Hal tersebut disebabkan karena variasi latihan yang monoton dan kurang bervariatif, latihan yang dilakukan 1 kali dalam seminggu dan kurangnya media dalam menyampaikan variasi latihan passing atas tersebut. Tujuan penelitian ini untuk memecahkan masalah yang ada yaitu, mengembangkan variasi-variasi latihan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Malangberbasis compct disk. Peserta tidak bosan melakukan teknik dasar passing atas, harapannya untuk mempermudah memahami dan meningkatkan kemampuan passing atas. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and development) dari Sugiono (2015:298). Dari 10 langkah peneliti hanya menggunakan 9 langkah. Langkah-langkah tersebut yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk (kelompok kecil), (7) revisi produk, (8) uji coba produk (kelompok besar) dan (9) revisi produk. Hasil dari beberapa ahli dan uji coba produk (kelompok kecil dan kelompok besar) yaitu, 1) evaluasi ahli bolavoli pertama dinyatakan sangat baik dengan (86,8%), 2) evaluasi ahli bolavoli kedua menyatakan sangat baik (81,25%), 3) evaluasi ahli media dinyatakan sangat baik (97,36%), 4) hasil uji coba (kelompok kecil) dari 8 peserta dinyatakan sangat baik (82,03%) dan 5) hasil uji coba produk 30 peserta dinyatakan sangat baik (85,02%). Kesimpulan secara keseluruhan dari analisis data tersebut bahwa produk yang dikembangkan valid dan layak digunakan untuk teknik dasar passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Malang. Dari simpulan yang dihasilkan, maka saran dari peneliti yaitu, sebagai materi berlatih peserta dan bahan reverensi pelatih dalam memberikan latihan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Malang.