PENGEMBANGAN PERMAINAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS III SDN BARENG 3 KOTA MALANG

Main Author: AIMANUN NISA; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/73184
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/download/73184/68796
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nisa’, Aimanun. 2018. Pengembangan Permainan Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif Pada Siswa Kelas III SDN Bareng 3 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd, M.Pd (2) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd Kata kunci: Permainan, Gerak Lokomotor, Gerak Manipulatif Dalam mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang didalamnya terdapat materi tentang permainan, berperan untuk memberikan fasilitas bagi siswa untuk melakukan permainan-permainan yang dapat melatih keterampilan gerak dasar lokomotor dan manipulatif menjadi lebih baik. Ada banyak hal yang bisa dilakukan pendidik untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran, baik dari strategi, metode, bahkan dalam hal media yang digunakan. Berdasarkan penyebaran angket terhadap 30 responden kelas 3 SDN Bareng 3 Kota Malang, survei membuktikan bahwa siswa membutuhkan pengembangan permainan yang baru untuk belajar, agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan permainan gerak dasar lokomotor dan manipulatif untuk siswa kelas III SDN Bareng 3 Kota Malang yang diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang kemudian dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan Ardhana hanya menggunakan 7 langkah untuk pengembangan permainan gerak dasar lokomotor dan manipulatif yaitu: 1) Analiis kebutuhan, 2) Pembuatan produk awal, 3) Uji coba kelompok kecil, 4) Revisi produk awal, 5) Uji coba kelompok besar, 6) Revisi produk akhir, 7) Hasil produk akhir. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 96,04% yang berarti bahwa permainan layak untuk diuji cobakan ke dalam kelompok besar dan kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 95,97% layak digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan gerak dasar lokomotor dan manipulatif untuk siswa kelas III SDN Bareng 3 Kota Malang sangat jelas dan mudah untuk dipraktikkan saat proses pembelajaran. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat membantu peserta didik saat proses pembelajaran dan dapat membantu pendidik agar memiliki suatu bahan belajar baru yaitu macam-macam permainan gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang akan membantu tercapainya salah satu tujuan pembelajaran.