Efektivitas Waktu Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang
Main Author: | rizki angga kusuma |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/69149 |
Daftar Isi:
- ASBTRAK Kusuma, Rizki Angga. 2018. Efektivitas Waktu Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd Kata Kunci: Efektivitas, Waktu belajar, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pada alokasi waktu pembelajaran kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup haruslah sesuai dengan RPP. Namun, pada kenyataannya waktu yang digunakan guru pada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup melebihi dari waktu yang sudah direncanakan, dan penggunaan waktu pada kegiatan inti masih perlu ditambahkan walaupun dari total waktu keseluruhan sudah sesuai dengan rencana pembelajaran, akan tetapi dapat berkurangnya efektivitas waktu belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 11 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, dengan melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMPN 11 Malang Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase total kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan ketiga guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMPN 11 Malang adalah kegiatan pendahuluan 18 menit dengan persentase sebesar 15%, kegiatan inti 65 menit dengan persentase sebesar 54%, dan kegiatan penutup 17 menit dengan persentase adalah sebesar 14%, rata-rata waktu belajar guru menggunakan waktu sebanyak 100 menit dengan persentase 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 11 Malang, rata-rata dari tiga guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh waktu 100 menit, efektivitas waktu belajar menunjukkan hasil atau termasuk dalam kategori baik sekali.