MENINGKATKAN KEMENARIKAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA MEMBELAKANGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN DAN BERLOMBA UNTUK SISWA VIII B SMPN 16 MALANG

Main Author: galih tri kuncoro; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/67177
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kuncoro, Galih Tri. 2017. KemenarikanPembelajaranTolakPeluru Gaya MembelakangidenganMenggunakanPendekatanBermaindanBerlombaSiswaKelas VIII B SMP Negeri 16 Malang. Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: Dr.SitiNurrochmah, M,Kes. Kata Kunci:kemenarikanpembelajaran, gayamembelakangi, bermain, berlomba Olahragaatletikdiajarkanmulaijenjang SD/MI hinggajenjang SMA/MA.Tolakpelurugayamembelakangiadalahsalahsatunomerlempardaricabangatletik. Melaluipembelajarantolakpelurugayamembelakangi, diharapkansiswalebihsenang, aktif, pahamterhadapmateridanterampildalampenguasaan. Berdasarkanobservasiawal, diketahuibahwakemenarikanpembelajarantolakpelurugayamembelakangi di SMP Negeri 16 Malangmasihkurang optimal. Siswamasihbanyak yang tidaksenang, tidakmemperhatikandantidakaktif di dalampembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanefektivitaspembelajarantolakpelurusetelahmelakukanbermaindanberlomba.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtes, lembarobservasi, wawancara, dokumentasidancatatanlapangan. Rancanganpenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK).Melalui PTK inidilaksanakanpembelajarantolakpelurugayamembelakangidenganpendekatanbermaindanberlomba. Melaluibermaindanberlombaini, siswamelakukantolakpelurusambilbermaindalammelaksanakanpembelajaran.Hal inipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragatolakpeluru.Dalampenelitianini, penelitiberkolaborasidengan guru merencanakantindakanpembelajaran yang berlangsungselama 2siklus. Hasilpenelitianmenunjukanbahwaketerampilanmelakukantekniktolakpelurugayamembelakangisiswakelas VIII B SMP Negeri 16 Malangmengalamipeningkatan. Hasiltindakansiklus 1 padateknikpegangantingkatkeberhasilansiswadari 48.78% (20 siswa) menjadi 56.09% (23 siswa), sikapbadan 46.34% (19 siswa) menjadi 56.09% (23 siswa), tahapmenolak 46.34% (19 siswa) menjadi 58.53% (24 siswa), akhiran 43.90% (18 siswa) menjadi 58.53% (24 siswa). Hasiltindakansiklus 2 pertemuan 3 padasiklus 2 jikadilihatdarinilaipersentasediantaranyatingkatkeberhasilanpadateknikmemegangsebanyak 90.24% (37 siswa), padatekniksikapbadan 92.68% (38 siswa), padatekniktahapmenolak 92.68% (38 siswa), danpadateknikakhiran 95.12% (39 siswa Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarantolakpelurugayamembelakangidenganpendekatanbermaindanberlombadapatmeningkatkankemenarikanpembelajaransiswakelas VIII B SMP Negeri 16 Malang.