PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTDAN SMALL SIDES GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DASAR DRIBBLING FUTSAL PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 1 DAMPIT
Main Author: | Harindra Ritvan Wardana; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/65039 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to knowing the influence between teams games tournament learning model and small sides games learning model to increased learning outcomes dribbling skill participants of extracurriculer futsal SMA N 1 Dampit. The subject of this study are futsal extracurriculer participants of SMA N 1 Dampit that totaling 28 students From the results of hypothesis testing using the test F on the extent the significance of 0.05, gained first hypothesis F quantification 4.27 > F table 4.22 for teams games tournament learning model, second hypothesis F quantification 5.79 > F table 4.22 for small sides games learning model, and third hypothesis for the difference of two groups model learning is F quantification 0,05 < F table 4.22. Keywords: teams games tournament learning model, small sides games learning model, dribbling skill. Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran small sides games terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan dasar dribbling peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit yang berjumlah 28 siswa. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F pada taraf signifikansi 0,05, diperoleh hasil hipotesis 1) F hitung sebesar 4,72 > F tabel 4,22 untuk model pembelajaran teams games tournament, untuk hasil hipotesis 2) dengan F hitung sebesar 5,79 > F tabel 4,22 untuk model pembelajaran small sides games, dan hasil hipotesis 3) selisih masing-masing kelompok model pembelajaran diperoleh F hitung 0,05 < F tabel 4,22. Kata kunci: model pembelajaran teams games tournament, model pembelajaran small sides games, keterampilan dribbling.