Romadhon, Sahrul. 2017. PengembanganBahan Ajar MenulisArtikelOpinidenganMetodePembelajaranCurahGagasanuntukKelas XII. Program StudiPendidikanBahasa Indonesia, Pascasarjana, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd, (II) Dr. Imam Agus

Main Author: sahrul romadhon; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/62389
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kata Kunci: bahan ajar, artikelopini, curahgagasanBahan ajar merupakaninstrumenpentingdalampembelajaran. Terdapattigafungsiutamapenyusunanbahan ajar, yaitu (1) pedomanbagi guru yang akanmengarahkansemuaaktivitasnyadalam proses pembelajaran, (2) pedomanbagisiswaterhadapsubstansikompetensi yang harusdipelajari, dan (3) sebagaialatevaluasipencapaianataupenguasaanhasilbelajar.Pendidikanbahasa Indonesia padajenjangkelas XII menuntutkemampuansiswauntukmemahamisetiapinformasimenurutdirinyasendiri (metakognitif).Kajianberpikirinisangatlahpentingdikuasaiolehsiswakhususnyasiswakelas XII agar pengembangan transfer informasipada era digital dapatdisikapidenganbijak.Sejalandenganuraian di atas, penelitiandanpengembanganinibertujuanmenghasilkanprodukbahan ajar menulisartikelopiniuntukmeningkatkankemampuanmenulisartikelopinibagisiswakelas XII.Secarakhusus, tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkan bahan ajar menulis artikel opini dengan metodeCurah Gagasan pada siswa kelas XII yang dikemas dalam buku cetak.Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan modifikasi pengembangan desain pembelajaran Borg dan Gall. Hasil modifikasi model pengembangan Borg dan Gall adalah (1) studi pendahuluan, (2) tahap-tahap perencanaan, (3) pengembangan draf awal, (4) uji coba 1 berdasarkan kelayakan oleh ahli dan praktisi, (5) revisi produk 1 berdasarkan hasil uji ahli dan praktisi, (6) uji coba 2 berdasarkan uji coba lapangan terbatas, dan (7) revisi produk 2.Hasilprodukbahan ajar menulisartikelopiniuntuksiswakelas XII memuatempatkompetensimenulisartikelopini.Keempatkompetensitersebutadalah(1) kompetensipenulisan faktadanopini, (2) kompetensipenulisanpenalaran, (3) kompetensipenyusunan strukturteksopini, dan (4) kompetensipenulisanteksartikelopini.Keempatkompetensitersebuttersusunatasindikator-indikatorpembelajaran yang terdiridari(1) kemampuanpemilihan fakta dan opini, (2) kemampuan membedakanragamfakta, (3) kemampuan mengidentifikasifaktadanopiniberdasarkanteksopini, (4) kemampuan mengungkapkan opini pribadi, (5) kemampuan mengungkapkan opini yang berbeda dari penulis asli, (6) kemampuan menentukanragampenalaran (7) kemampuanmenyebutkan unsur pembangunopini, (8) kemampuanmenganalisis unsur pembangun opini, dan (9) kemampuanmenyusun teksopinisederhana, (10) kemampuanmengembangkanartikelopiniberdasarkantopikaktualdankontroversial, (11) kemampuanmenulisartikelopinikompleks, dan (12) kemampuanmenyuntingartikelopini. Saran yang perludikemukakanadalah (1) pengajarbahasa Indonesia khususnyakelas XII dapatmemanfaatkanprodukbahan ajar menulisartikelopiniuntukmemberikanpengalamanbaruterhadap proses pembelajaranmenulisartikelopini, (2) Penyebarluasanbahan ajar dapatdilakukandengancaramemberikanbahan ajar kepadasiswadan guru pengajar (3) proses pengembanganproduklebihlanjutdilakukandenganmenambahkanaspekketerampilanberbicara yang dapatdikonsumsisecaraumumolehsemuapihak. Pengembanganjugadapatdilakukandenganmengubahbahan ajar menjadibentukE-book.