Pengembangan Variasi Latihan Jurus Tunggal Untuk Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Turen
Main Author: | Khoiru LailatulMaghfiratu Zaro; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/61789 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Zaro, K.L.M. 2017. Pengembangan Variasi Latihan Jurus Tunggal Untuk Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Turen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd., (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Variasi Latihan, Jurus Tunggal, Pencak SilatBerdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap pelatih ekstrakurikuler pencak silat Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Turen, diperoleh data dari hasil analisis kebutuhan: (1) 100% siswa mendapatkan materi jurus tunggal, (2) 50% siswa tingkat keterampilan penguasaan teknik dasar pencak silat masih pemula, (3) 74% siswa tidak dapat menguasai seluruh materi yang diajarkan pelatih, (4) 100% siswa mengalami kesulitan selama latihan, (5) 100% siswa setuju apabila dikembangkan media untuk mempermudah penguasaan jurus tunggal.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar bagi siswa untuk mempelajari gerakan jurus tunggal secara bertahap dengan mengedepankan teknik yang benar menggunakan multimedia yang berisi tentang latihan jurus tunggal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) Pengumpulan data, (2) rancangan produk awal, (3) pengembangan produk dan evaluasi ahli, (4) melakukan uji coba kelompok kecil, (5) merevisi produk, (6) melakukan uji coba kelompok besar, (7) produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler pencak silat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Turen sebanyak 30 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan data kualitatif diperoleh dari tinjauan para ahli. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase.Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh tingkat validitas 83,75%, sedangkan 2 ahli pencak silat diperoleh tingkat validitas 84,78%. Berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) pada 10 subjek diperoleh tingkat validitas 88,88% yang tergolong dalam kriteria kualitas produk sangat baik. Dari hasil uji lapangan pada 30 subjek diperoleh tingkat validitas sebesar 90,13% dengan kategori produk sangat baik dan dinyatakan bahwa multimedia variasi latihan jurus tunggal dapat digunakan sebagai media alternatif untuk berlatih jurus tunggal di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Turen. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai media untuk berlatih jurus tunggal di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Turen. Agar produk ini dapat digunakan dikalangan yang lebih luas maka perlu dilakukan evaluasi dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitas produk yang dikembangkan. Karena produk yang dihasilkan saat ini hanya sebatas dan tersusun sebagai sebuah produk.