PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DALAM BENTUK BUKU PANDUAN UNTUK SISWA KELAS III SDN LUMBANGSARI 02 KECAMATAN BULULAWANG

Main Author: Sandika Hari Mukti; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/58045
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mukti, Sandika Hari. 2017. Pengembangan Model Permainan Pada Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Dalam Bentuk Buku Panduan untuk Siswa Kelas II1 SDN Lumbangsari 02 Kecamatan Bululawang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes (II) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Model Permainan, Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor, Kelas III. Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, tindakan moral dan penalaran. Tujuan yang ingin dicapai melalui pendidikan jasmani mencakup pengembangan individu secara menyeluruh. Berdasarkan pengamatan peneliti pada siswa kelas III di SDN Lumbangasari 02 Kecamatan Bululawang siswa lebih senang bermain dalam proses pembelajaran penjas khususnya pada materi gerak dasar, hal ini dikarenakan kurangnya materi pembelajaran penjas khususnya pada materi gerak dasar dalam bentuk perrmainan. Berdasarkan pengamatan peneliti tersebut, maka perlu dikembangkan pembelajaran dalam bentuk permainan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran penjas khusunya pada materi gerak dasar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model permainan gerak dasar lokomotor pada siswa kelas III SDN Lumbangsari 02 Kecamatan Bululawang yang diharapkan dapat membantu menumbuhkan rasa antusias dan senang terhadap materi gerak dasar Lokomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 87,74% hasilnya baik sekali, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 88,16% hasilnya baik sekali, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model permainan gerak dasar lokomotor untuk siswa kelas III SDN Lumbangsari 02 Kecamatan Bululawang dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan model permainan gerak dasar lokomotor untuk siswa kelas III SDN Lumbangsari 02 Kecamatan Bululawang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran pemanfaatan dalam menggunakan produk ini siswa dalam melakukan permainan didampingi oleh guru, peraturan permainan harus disampaikan dengan jelas agar dapat menggunakan model permaianan gerak dasar lolokomotor. Sarana dan prasarana juga harus tersedia.