Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Variasi Permainan Untuk Kelas VIII G Di SMP Negeri 9 Malang
Main Author: | fajar kurniawan; mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/56114 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawan, Fajar. 2016. Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Variasi Permainan Untuk Kelas VIII G Di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Drs. Supriatna, M.Pd.Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran lompat jauh, variasi permainanPembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan variasi permainan merupakan salah satu solusi efektif untuk menjawab masalah kebosanan siswa. Hasil observasi diketahui bahwa dalam pembelajaran lompat jauh gaya menggantung untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang belum menggunakan variasi permainan, hal ini diperkuat dengan hasil analisis kebutuhan diketahui dari 28 siswa bahwa: 22 siswa (79%) menyatakan bahwa siswa bosan jika tidak diberikan variasi permainan, 23 siswa (82%) menyatakan bahwa tidak pernah diberikan variasi permainan oleh pendidik, 24 siswa (86%) menyatakan bahwa perlu diberikan variasi permainan dalam pembelajaran lompat jauh gaya menggantung, dan 26 siswa (92,8%) menyatakan bahwa setuju produk ini dikemas berupa media audio visual (VCD).Tujuan dari penelitian pengembangan ini sendiri adalah mengembangkan sebuah produk berupa pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang sekaligus menguji kelayakan produk hasil pengembangan dan hasil pengembangan yang dikemas dalam bentuk media audio visual (VCD).Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori (Research and Development) Borg dan Gall dari yang semula 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983:775), namun peneliti sederhanakan menjadi 7 langkah karena keterbatasan waktu, tenaga, serta biaya. Pada desain uji coba mengalami beberapa tahap yaitu tahap evaluasi ahli dengan melibatkan 1 ahli pembelajaran atletik, 1 ahli permainan, 1 ahli media dan ahli pendidikan jasmani dan kesehatan. Sedangkan uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 12 peserta didik dan uji coba kelompok besar dilakukan 32 peserta didik. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa angket.Hasil evaluasi ahli diperoleh ahli pembelajaran atletik 84,31% (cukup valid), ahli permainan adalah 88,23% (sangat valid), ahli media adalah 75,71% (cukup valid), ahli pendidikan jasmani dan kesehatan adalah 94,16% (sangat valid).Untuk uji coba kelompok kecil sendiri diperoleh persentase sebesar 88,23% (sangat valid) dan untuk uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 86,96% (sangat valid) . Berdasarkan hasil penelitian diharapkan produk yang dikembangkan dapat diterapkan untuk semua sekolah-sekolah, khususnya dalam pembelajaran lompat jauh. Serta seiring perkembangan jaman diharapkan penyebarluasan produk ini bisa diungggah ke media sosial seperti youtube.AbstractKurniawan, Fajar. 2016. Developing Long Jump Hang Style Learning Using Games Variation for VIII-G Graders of SMP Negeri 9 Malang. Thesis. Physical and Health Education. Faculty of Sport Science, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Drs. Supriatna, M.Pd.Keywords: development, long jump learning, games variationLong jump hang style using games variations is one of the effective solution to overcome the students’ boredom. The result of the observation showed that long jump hang style learning for VIII-G graders of SMP Negeri 9 Malang has not used games variation yet. It is strengthened by the result of the need analysis obtained from 28 students. It stated that 22 students (79%) feel bored if not being taught by games variation, 23 students (82%) stated that they had never been taught by using games variation, 24 students (86%) stated that they need games variation in long jump hang style learning, and 26 students (92,8%) agree if the present product is packed in the form of Audio Visual Media (VCD).The aim of the present study is to develop a product in the form of long jump hang style learning using games variation for VIII-G graders of SMP Negeri 9 Malang and also to validate the result of the product in the form of audio visual media (VCD).The present study is using Research and Development as the design referred by the 10 steps stated by Borg and Gall (1983:775). However, the researcher used only seven steps out of the ten steps in conducting the study due to the limitation of time, energy, and cost. There are several steps done in trying out the product, namely expert validation which included an athletic learning expert, a game expert, a media expert, and a physical and health education expert within small and big groups. While try out was done by 12 students in small group and 32 students in big group. For collecting the data, the researcher uses questionnaire as the instrument. The result of the expert validation from the athletic learning expert is 84,31% (enough valid), from the game expert is 88,23% (very valid), from the media expert is 75,71% (enough valid), and the last from the physical and health education expert is 94,16% (very valid). Hence, the product is ready to be tried out. The result from trying out the product in the big group is 88,23% (very valid, while from the small group is 86,96% (very valid). Based on the result of the study, the product is hoped to be able to be implemented in every schools, especially in long jump learning. Moreover, in this modern era, the teaching and learning process done using this product is hoped to be widely spread by using social media, such as YouTube.