PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DENGAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BATU

Main Author: Hendi Buwana; mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/52884
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hendi Buwana Putra1 Asim2 Eko Hariyanto3 Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No.5 Malang Email: Hendibuwanaputra@gmail.com Permainan bolavoli merupakan salah satu permainan bola besar yang menjadi materi ajar di sekolah dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan.Tujuan dar penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh gaya mengajar komando dengan gaya mengajar latihan terhadap minat belajar siswa kelas X MAN Batu.Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental sungguhan dan pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.Dari hasil analisis varian satu jalur (one way anava). Ditemukan bahwa gaya mengajar komando berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Gaya mengajar latihan berpengaruh signifikan terhadap minat peserta didik.Terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar komando dan latihan. Disarankan agar memilih gaya mengajar latihan. Kata Kunci:gaya mengajar komando, gaya mengajar latihan, minat belajar siswa. Abstract:. Volleyball game is one big ball game which became teaching materials in school in the subjects of physical education and health. The purpose of the research is find out the different influence of command teaching styles with practice teaching styles toward learning interest student in the class X MAN Batu City. This research is a kind of true experimental research and data collection using questionnaires and documentation techniques.From the analysis of variance single-lane (one way ANOVA). It was found that the teaching style command significant effect on the interest of learners. This style of teaching practice significant influence on the interest of learners. There are differences in the effect of teaching style command and practice. Choose suggestion is practice taching style. Keywords:commandteaching style, practice teaching style, learning interest