Pengaruh Metode Small Sided Games dan Metode Bagian terhadap Hasil Belajar Passing-Control Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi Usia 13-15 Tahun
Main Author: | Dyo Rizky Hady Soekirno; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/51668 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Rizky, Dyo. 2016. Pengaruh Metode Small Sided Games dan Metode Bagian terhadap Hasil Belajar Passing-Control Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi Usia 13-15 Tahun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.Kata kunci: metode small sided games, metode bagian, passing-control.Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim di lapangan, yang bertujuan memasukkan bola ke gawang. Ada beberapa teknik dasar untuk bermain sepakbola, salah satunya adalah passing-control. Cara melakukan passing-control sepakbola yang dilakukan oleh peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun menunjukkan adanya masalah yaitu arah bola passing-control sepakbola kurang tepat sasaran, hal tersebut disebabkan kurangnya penguasaan teknik dasar passing-control bola. Untuk meningkatkan hasil belajar passing-control sepakbola dengan menggunakan metode small sided games dan metode bagian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode small sided games dan metode bagian terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun.Rancangan penelitian yang dipakai adalah eksperimen kuasi yang dilakukan kepada peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun. Jumlah sampel 24 siswa dan dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Instrumen tes yang digunakan adalah tes passing-control sepakbola menggunakan papan pantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) satu jalur.Berdasarkan hasil analis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Metode small sided games memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola.(Fhitung = 14,93 > Ftabel 4,30). 2) Metode bagian juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola(Fhitung = 27, 88 < Ftabel 4,30). 3) Metode small sided games memberikan pengaruh yang signifikan, sedangkan metode bagian memberikan pengaruh yang lebihsignifikan terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbolaputra (Fhitung = 391,32 > Ftabel 4,30). Metode small sided games (mean = 21,91 dan SD = 1,31) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing-controlsepakbola. Metode bagian (mean = 22,41 dan SD = 1,16) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing-control sepakbola.Saran kepada pembina ekstrakurikuler sepakbola, sebaiknya menggunakan metode metode bagian untuk meningkatkan hasil belajar passing-control, karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan, metode metode bagian lebih memberikan pengaruh yang baik dibandingkan metode small sided games terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono usia 13-15 tahun.ABSTRACT Rizky, Dyo. 2016. Effect of Small Sided Games Methode and Part Methode of the Passing-Control Study Results Participants Extracurricular Men’s Soccer MTs Srono Kabupaten Banyuwangi Age 13-15 Years. Thesis, Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Tutorship: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.Key words: small sided games methode, part methode, passing-control.Soccer is a sport played by two teams in the field, which aims to put the ball into the goal. There are some basic techniques to play soccer, one of the basic technique is passing-control. The process of learning undertaken by participants extracurricular men's soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 indicate a problem that is the result study of the passing-control soccer is not good, it is due to the lack variety of learning passing-control. To improve learning outcomes passing-control soccer participants extracurricular men’s soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years using small sided games method and part method.The purpose of this study was to determine the effect of small sided games methods and part methods on learning outcomes passing-control participants extracurricular men’s soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years.The study design used was quasi experiment conducted for participants extracurricular men's soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years. Instruments used in the research is test passing-control soccer using reflective board. Data analysis technique used is Variant Analysis (ANOVA) one lane.Based on the results of the data analyst, three conclusions obtained the following results: 1) Small sided games method have a significant influence on the result of the passing-control participants extracurricular soccer. (Fcount = 14,93> Ftable 4,30). 2) Part methods also have a significant influence on learning outcomes passing-control participants extracurricular soccer men’s (Fcount = 27, 88< Ftable 4,30). 3)Both have significant influence among the small sided games methods with the part methods on learning outcomes passing-control participantsextracurricular football (Fcount = 391,32 > Ftable 4,30). Small sided games method (mean = 21.91 and SD = 1.31) give effect to the learning outcomespassing-control soccer the equally as the part methods has a more significant effect (mean = 22.41 and SD = 1.16). Advice to coaches extracurricular soccer, we recommend using the methods section to improve part methods learning outcomes passing-control, because the acquisition of the research that has been done, the method is the method section provides good leverage than the method of small sided games on learning outcomes passing-control participants extracurricular men’s soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years.