PENGEMBANGAN POLA LATIHAN INBOUND MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SMP NEGERI 15 MALANG

Main Author: ROBBY KURNIAWAN; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/48595
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kurniawan, Robby 2016. Pengembangan Pola Latihan Inbound Menggunakan Media Video Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes dan (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes Kata Kunci: Pola Latihan, Inbound Bolabasket, Media Video Berdasarkan hasil pengalaman praktek kepelatihan dan analisis kebutuhan yang dilakukan pada pelatih dan peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang diketahui pelatih sangat membutuhkan variasi pola latihan inbound dalam menyampaikan materi kepada peserta, pelatih membutuhkan media yang tepat untuk penyampaian materi latihan, 32 peserta (80%) mengungkapkan sangat perlu taktik inbound dalam bolabasket, 33 peserta (82,5%) mengungkapkan sangat kesulitan dalam melakukan taktik inbound dengan baik, 100% peserta setuju dikembangkannya pola latihan inbound bolabasket menggunakan media video dalam ekstrakurikuler bolabasket SMPN 15 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menagatasi permasalahan yang muncul dengan solusi mengadakan penelitian dan pengembangan tentang pola latihan inbound menggunakan media video pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pola latihan inbound menggunakan media video ini adalah model konseptual yaitu model operasionalisasi teori yang telah tervalidasi ke dalam prosedur pada suatu produk. Hasil penelitian dan pengembangan berupa penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan ditemukan persentase kemenarikan pola 89,34%, ketepatan pola 87,34%, kejelasan video 91,66% dan kemenarikan tampilan 90,00%, berarti produk yang dikembangkan pada kategori baik sekali serta tepat dan layak sebagai produk yang teruji. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap 10 peserta ekstrakurikuler menunjukkan persentase 86,40%, dan Hasil uji coba kelompok besar terhadap 30 peserta ekstrakurikuler menunjukkan persentase 88,75%, sehingga hasil produk yang dikembangkan masuk dalam kategori baik sekali, jadi pola latihan inbound bolabasket menggunakan media video layak, tepat dan bisa digunakan oleh peserta latihan serta pelatih di ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 15 Malang. Kesimpulan hasil penelitian bahwa pola latihan inbound menggunakan media video dapat digunakan sebagai media penyampaian materi peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang. Saran yang diberikan adalah (1) peserta latihan dapat memanfaatkan produk sebagai alternatif media penunjang kegiatan latihan, (2) produk yang dikembangkan dapat digunakan di sekolah lain dengan mempertimbangkan karakteristik yang ada dalam produk. ABSTRACT Kurniawan, Robby 2016. Development of Inbound Excercise Patterns Using Videos On Basketball Extracurricular Activities at SMP Negeri 15 Malang. Thesis, Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Supervisor: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes and (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes Keywords: Exercise Pattern, Inbound Basketball, Media Video Based on the results of coaching experience and needs assesment conducted on the trainer and participants in basketball extracurricular of SMP Negeri 15 Malang known that the coaches in dire need pattern variation of inbound exercise in presenting the material to the participants, coaches need the right media to deliver the training materials, 32 participants (80%) reveals that inbound tactics in basketball is very necessary, 33 participants (82.5%) reveals that very difficult to perform inbound tactics well, 100% of participants agreed to development inbound pattern in basketball training using videos in basketball extracurricular in SMPN 15 Malang. This study aims to overcome problems that arise with a solution to conduct research and development on inbound exercise patterns using videos on basketball extracurricular activities SMP Negeri 15 Malang. The model in this research development patterns inbound exercises using videos are conceptual model which model operationalization of theories that have been validated in the procedure on a product. Results of research and development in the form of an expert assessment of the products developed attractiveness of the patterns found percentage 89.34%, 87.34% accuracy pattern, video clarity 91.66% and attractiveness 90.00% display, the product developed in both categories once and appropriate and feasible as the products tested. The results of small group with 10 participants showed percentage of 86.40%, and the results of a large group with 30 participants showed percentage of 88.75%, resulting in a product that was developed in the category very well, so the pattern of inbound basketball using video media is feasible, accurate and can be used by trainees and trainers in extracurricular basketball in SMPN 15 Malang. Conclusion of research that pattern inbound exercises using videos can used as a medium for the delivery of content basketball extracurricular participants SMP Negeri 15 Malang. The advice given is (1) trainees can utilize the product as an alternative media supporting training activities, (2) products developed can be used in other schools taking into account the characteristics present in the product.