Pengembangan Model Permainan Dalam Pembelajaran Lari Sprint 50 Meter Kelas VII SMP Negeri 1 Mantup Kabupaten Lamongan

Main Author: Fitri Surya Utama; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/18428
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Utama, Fitri Surya. 2011. Pengembangan Model Permainan Dalam Pembelajaran Lari Sprint 50 Meter Kelas VII SMP Negeri 1 Mantup. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardianto, M.Kes (2) Drs. Mu’arifin, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Model Permainan, Pembelajaran, Lari Sprint 50 Meter. Model Permainan Dalam Pembelajaran Lari Sprint 50 Meter merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas VII di SMP Negeri 1 Mantup untuk membantu proses pembelajaran atletik. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model permainan dalam pembelajaran lari sprint 50 meter untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mantup, yang diharapkan dapat membantu pembelajaran atletik yang ada di SMP Negeri 1 Mantup. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku model permainan kecepatan reaksi adalah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada 2 orang guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP Negeri 1 Mantup. 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 2 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 1 ahli permainan, dan 1 ahli atletik, yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa buku model permainan dalam pembelajaran lari sprint 50 meter untuk siswa kelas VII. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 8 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 40 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mantup buku model permainan dalam pembelajaran lari sprint 50 meter dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa buku model permainan dalam pembelajaran lari sprint 50 meter diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi atletik di SMP Negeri 1 Mantup.