STUDI TENTANG ASPEK-ASPEK YANG DIPERTIMBANGKAN GURU DALAM PENILAIAN RANAH PSIKOMOTORIK, KOGNITIF, AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP SE-KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR

Main Author: Mohamad Ryan Dzul Fahmi
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/1684
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fahmi, Mohamad Ryan Dzul. 2009. Studi tentang Aspek-aspek yang Dipertimbangkan Guru dalam Penilaian Ranah Psikomotorik, Kognitif, Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP se-Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Nurrochmah, M.Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S. Kata kunci : penilaian, ranah psikomotorik, kognitif, afektif. Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pendidikan, terutama untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan maka dapat dilakukan dengan cara melaksanakan penilaian. Dimana tujuan dilakukannya penilaian adalah untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dan berhasil tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan oleh para pengajar dan siswa. Terutama untuk perubahan-perubahan perilaku siswa yang diharapkan melalui proses belajar. Secara umum, dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan terdapat 3 ranah yang diharapkan mampu dikuasai oleh siswa sebagai hasil belajar. Ketiga ranah tersebut adalah ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam penilaian ketiga ranah tersebut, aspek-aspek yang terdapat dalam masing-masing ranah penilaian tentu berbeda-beda. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan peneliti di Kecamatan Kesamben diperoleh hasil bahwa dalam melaksanaan penilaian guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP se-Kecamatan Kesamben belum mengetahui aspek-aspek yang seharusnya dipertimbangkan dalam penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Belum sepenuhnya menggunakan sistem penilaian mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), dan masih ada beberapa aspek yang sebenarnya tidak termasuk dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) untuk aspek penilaian ranah kognitif, afektif, psikomotorik digunakan untuk menilai siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang dipertimbangkan guru dalam memberikan nilai mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada ranah psikomotorik, kognitif, afektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu aspek-aspek apa saja yang dipertimbangkan guru dalam memberikan nilai pada ranah psikomotorik, kognitif, afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji aspek-aspek yang dipertimbangkan guru dalam memberikan penilaian pada ranah psikomotorik, kognitif, afektif. Penelitian ini dilakukan di seluruh SMP se-Kecamatan Kesamben yang berjumlah 6 SMP. Yang menjadi subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP se-Kecamatan Kesamben yang berjumlah 9 orang guru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aspek-aspek yang dipertimbangkan oleh guru dalam penilaian ranah psikomotorik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan menurut penelitian ini adalah aspek keterampilan olahraga 100%, kebugaran jasmani 88,9%, dan kelincahan 77,8%. Hasil penelitian yang selanjutnya yaitu aspek-aspek yang dipertimbangkan oleh guru dalam penilaian ranah kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan menurut penelitian ini adalah aspek pengetahuan pendidikan jasmani dan olahraga 100%, aplikasi teknik 77,8%, dan pengetahuan perilaku hidup sehat 66,7%. Sedangkan hasil penelitian tentang aspek-aspek yang dipertimbangkan oleh guru dalam penilaian ranah afektif pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan menurut penelitian ini adalah aspek sikap disiplin dan kerjasama 100%, sportif dan motivasi 88,9%, tanggungjawab dan percaya diri 77,8%, dan kejujuran 55,5%. Berdasarkan penelitian ini dapat diberikan saran kepada guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dalam melakukan penilaian mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan hendaknya berpedoman pada buku panduan penilaian mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), sehingga mengetahui aspek-aspek yang seharusnya dipertimbangkan dalam melakukan penilaian mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta tidak terkesan seenaknya dalam melakukan penilaian.