Pengembangan Alat Penyangga Matras Untuk Pembelajaran Guling Ke Depan Siswa Kelas VII SMP Negeri 18

Main Author: Mohammad Imam Eko Widiyanto; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/13530
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Widiyanto, Mohammad Imam Eko. 2011. Pengembangan Alat Penyangga Matras Untuk Pembelajaran Guling Ke Depan Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan. Salah satu aktivitas senam yang diajarkan di SMP adalah senam lantai guling ke depan, agar siswa dapat melakukan guling ke depan dengan baik maka, guru selain menguasai materi juga harus memiliki strategi pembelajaran yang sesuai dan dapat menunjang pembelajaran guling ke depan sebagai pedoman pembelajaran yang dilakukan. Hal itu perlu diadakan suatu pemecahan masalah dengan alternatife dengan menggunakan alat bantu yang berupa penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan agar siswa berani dan mudah melakukan guling ke depan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan alat pembelajaran guling ke depan sebagai berikut: 1) melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi pembelajaran guling ke depan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 18 Malang, 2) menyusun rancangan produk berupa pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan yang dievaluasi oleh ahli pembelajaran dan senam, 3) mengembangkan bentuk produk awal berupa alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan setelah dievaluasi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam, 4) melakukan uji coba kelompok kecil (dilakukan pada siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 7 subyek), 5) melakukan revisi terhadap produk awal (sesuai hasil uji coba kelompok kecil dan saran para ahli), hasil revisi merupakan produk utama, 6) melakukan uji lapangan (kelompok besar, dilakukan pada siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 35 subyek) terhadap produk utama, 7) melakukan revisi terhadap produk utama berdasarkan hasil uji coba lapangan dan evaluasi dan saran-saran para ahli, sehingga diperoleh produk akhir. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 7 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 35 orang siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Malang alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan, diharapkan dapat dijadikan alat bantu oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi guling ke depan.