persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo
Main Author: | hendra maja; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/11542 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wahyu, Hendra. 2010. Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Agus Gatot S, M. Kes (II) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd Kata kunci: persepsi, keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani. Hasil prestasi belajar siswa banyak ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor penilaian siswa terhadap guru. Jika siswa berpandangan negatif terhadap guru, maka sulit untuk mencapai hasil belajar yang maksimal karena siswa tidak bergairah dan bersemangat dalam belajar, sebaliknya jika siswa berpandangan positif terhadap guru maka siswa akan bergairah dan bersemangat untuk belajar. Penelitian ini adalah tentang ”persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo”. Permasalahannya yaitu bagaimana persepsi siswa terhadap keterampian mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo pada pelaksanaan tahap pembukaan, pelaksanaan tahap pembelajaran, pelaksanaan tahap penutup. Tujuannya untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo pada pelaksanaan tahap pembukaan, pelaksanaan tahap pembelajaran, pelaksanaan tahap penutup. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskiptif kuantitatif, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket. Angket yang digunakan adalah angket tertutup. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling Acak Sederhana (Simple Random Sampling) yaitu 50 siswa dari 5 kelas VIII SMP N 1 dan 50 siswa dari 5 kelas VIII SMP N 2 dan 50 siswa dari 3 kelas VIII SMP N 3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri di kecamatan Pulung kabupaten Ponorogo pada pelaksanaan tahap pembukaan memiliki rata-rata persentase 77,49% klasifikasi penilaian adalah tergolong baik, pada pelaksanaan tahap pembelajaran memiliki rata-rata persentase 81,89% klasifikasi penilaian adalah tergolong baik, pada pelaksanaan tahap penutup memiliki rata-rata persentase 73,53% klasifikasi penilaian adalah tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran pendidikan jasmani secara keseluruhan adalah baik.