PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN VCD UNTUK SISWA KELAS III SDN BANDUNG REJOSARI IV KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG

Main Author: Pradana Yudiputra; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/11023
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yudiputra Pradana. 2010. Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan VCD Untuk Siswa Kelas III SDN BandungRejosari IV Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Mardianto, M.Kes (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd Kata kunci: Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Berdasarkan observasi yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun Kota Malang kurang dilakukan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok yaitu awalan, tumpuan,saat melayang di udara serta mendarat untuk siswa 8-9 tahun karena tidak adanya bak lompat yang tersedia dan guru yang mengajar di bidang olahraga.guru olahraga di SDN Bandung Rejosari IV adalah guru kelas. Maka, peneliti ingin membuat model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok di Sekolah Dasar Negeri Bandung Rejosari IV Kecamatan Sukun Kota Malang, sehingga pembelajaran lebih menarik dan siswa menyukai olahraga atletik khususnya lompat jauh gaya jongkok. Lompat jauh termasuk bagian nomor lompat dalam cabang olahraga atletik, Adapun cara melakukan lompat jauh gaya jongkok yaitu: (1) awalan atau ancang-ancang; (2) tumpuan atau tolakan; (3) melayang di udara; ( 4) mendarat di bak pasir. perlu dilakukan suatu strategi pembelajaran lompat jauh yang dapat membuat siswa mempunyai keberanian, sehingga tidak takut melakukan lompatan pada bak pasir dengan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan. Pengembangan tersebut yang mempunyai 11 langkah, yaitu: (1)Kajian teori, (2) Observasi langsung, (3) Analisis kebutuhan, (4) naskah, (5) evaluasi , (6 Revisi , (7) Prototipe, (8) Evaluasi, (9) Revisi Produk, (10) Evaluasi Produk, (11) Produksi Subyek uji coba dalam pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ini terdiri dari (1) Tinjauan ahli, terdiri dari 2 orang dan 1 guru pendidikan jasmani, (2) 1 orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani, dan 1 orang ahli media (3). Instrument pengumpulaan data menggunakan instrumen deskripsi instrument 1 penilaian buku teks PENJASORKES untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA 2009yang di validasi oleh ahli. Dengan adanya VCD pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ini diharapkan siswa tertarik, mudah dan senang melakukan aktivitas atletik khususnya lompat jauh gaya jongkok tersebut. Namun dari pengembangan ini yang disusun mempunyai kekurangan yaitu perlu dikembangkan pada subyek yang lebih luas lagi, sehingga pengembangan yang telah disusun dapat lebih dikembangkan permainan-permainan yang lebih bervariasi dan menyenangkan.