UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF SISWA MELALUI PROGRAM MORNING ACTIVITY DI SMPIT AL USWAH KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN
Main Author: | IFFAH HAFIZHAH |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/68495 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan istilah yang semakin hari semakin mendapat pengakuan dari masyarakat Indonesia saat ini. Istilah pendidikan karakter masih jarang didefinisikan oleh banyak kalangan. Pendidikan adalah suatu usaha untuk mempengaruhi manusia agar ia bersedia dan mampu mewujudkan apa yang ia pandang sebagai makna eksistensi manusia di dunia ini.Pendidikan karakter kini memang menjadi perbincangan utama dalam dunia pendidikan. Selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, pendidikan karakter ini pun diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia.Sekolah merupakan salah satu penyalur dalam pembentukan nilai karakter seorang peserta didik. Sekolah merupakan salah satu tempat penyalur karakter para peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui program morning activity, (2)mengetahuipelaksanaan pembentukkan karakter positif melalui program morning activity (3) mengetahui nilai-nilai karakter positif yang ada pada program morning activity (4) mengetahui kendaladan solusi yang dihadapi oleh pihak sekolah dalam pembentukkan karakter positif melalui program morning activity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) program morning activity terdiri dari sholat dhuha, jurnal permainan, reading time, Al-Matsurot. 2) pelaksanaan sholat dhuha setiap hari senin-jumat jam 06.30, jurnal permainan pelaksanaannya setelah sholat dhuha setiap hari senin-rabu, reading time setiap hari kamis setelah melaksanakan sholat dhuha, al-matsurot setiap hari jumat setelah melaksanakan sholat dhuha. 3) Nilai-nilai karakter positif yang terkandung dalam Program morning activity di SMPIT Al-Uswah Bangil yaitu religius, jujur, displin, gemar membaca, dan tanggung jawab. 4) Kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah yaitu (a) komitmen guru, (b) komitmen petugas OSIS, (c) Para Siswa yang tidak Datang Tepat Waktu. Solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah yaitu: (a) memotivasi dan memberikan pendekatan kepada guru, (b) upgrading (Perbaikan) kepada petugas OSIS SMPIT Al-Uswah Bangil setiap 1 kali dalam 1Bulan, dan, (c) menulis surat cinta kepada sekolah.Kata Kunci: Upaya Pembentukan, Karakter Positif, Siswa, Program, Morning Activity.